Saham, IHSG, Reksadana, Indonesia, Trading, Investasi, Training, Strategy

Mau Tahu Yang Bisa Bikin Saya Eneg Sama Trainer Saham ???

391

Selamat pagi…

Beli jual saham itu mudah.  Apa susahnya sih tinggal enter order beli atau order jual ???

Beli jual saham yang bisa menghasilkan profit … itu jauh lebih susah.  Jauh lebih susah karena itu menyangkut pengetahuan, strategi, disiplin, dan masih banyak lagi variabel yang lain.

Sama lah… dengan diluar sono: talk is cheap.  Omong itu gampang.  Prakteknya … hehehe… pasti akan jauh lebih susah.

Itu sebabnya… saya sering berhati-hati terhadap Trainer Saham.  Trainer saham itu adalah orang yang menyebut dirinya memiliki ilmu tentang saham, dan kemudian melakukan sharing atas ilmu yang dimilikinya tersebut.  Gak cuman sharing ilmu sebenarnya… sharing rekomendasi juga.  Beli ini itu… jual ini itu…

Trainer Saham ini membuat acara training.  Itu sebabnya… kita menyebutnya sebagai Trainer Saham.  Saya sering datang ke acara Trainer Saham ini.  Satu hal yang saya perhatikan dari seorang Trainer Saham adalah: kualitas dari trainer saham tersebut.  Apa sih yang kita beli dari seorang trainer saham kecuali kualitasnya?

Nah… menilai kualitas dari seorang trainer saham ini … sangatlah mudah.  Menilai kualitas dari seorang trainer saham, itu bukan dari kecanggihan teori yang disampaikan.  Yang bisa Elliot Wave .. belum tentu bagus kualitasnya.  Bukan juga dari luasnya teori yang dimiliki.  Yang bisa indikator macem-macem, yang bisa alat TA macem-macem, belum tentu bagus kualitasnya.  Apalagi kalau cuman berbaju bagus, asesoris mahal, ganteng, cantik, parlente.  Itu semua hanya luarnya doang.

Trainer Saham yang bagus … adalah Trainer Saham yang bisa ngajarin Trading.  Trader Saham yang bagus… adalah Trader Saham yang disiplin.

Jadi….

Trainer Saham yang bagus… adalah Trainer Saham yang DISIPLIN!!!

Hanya itu sebenarnya syaratnya.  Karena … keberhasilan dalam trading itu, sangat ditentukan oleh kemampuan seorang trader untuk berdisiplin.  Kemampuan kita untuk berdisiplin.  Kemampuan untuk berdisiplin adalah sumber dari profit.

Jadi… apakah guna seorang trainer kalau dia tidak bisa mengajarkan disiplin? Apakah guna seorang trainer saham jika dia tidak tampak bisa mendisiplinkan dirinya sendiri?

So… kalau anda melihat saya sering ngomel-ngomel sama Trainer Saham… hehehe… jangan heran.  Karena saya sering kali melihat… bahwa apa yang mereka lakukan itu… hanya menggelar teori… hanya menggelar rekomendasi. Tapi lupa satu hal penting: bahwa dalam trading… hal yang paling penting adalah DISIPLIN!!!

Sst… setelah membaca semua ini… anda saya kasih tahu satu hal.  Satu hal lagi yang menarik.

Apa itu coba???

Hehehe….

Saya juga seorang Trainer Saham !!!

Hehehe….

Itulah sebabnya: anda juga harus berhati-hati dengan saya.

Happy trading… semoga barokah!!!

Satrio Utomo

*bacalah halaman disclaimer sebelum anda melakukan posisi beli atau posisi jual setelah anda membaca ulasan ini.  Terima kasih

2 Comments
  1. galihsatria says

    Kalau ga salah Pak Satrio pernah menulis sendiri kalau style trading-nya akan membuat sangat sering keluar masuk pasar karena background pekerjaannya di sekuritas. Harus hati-hati kwkwkw…

    1. Satrio Utomo Purnomo says

      Hahahaha…..

Leave A Reply

Your email address will not be published.