Menakar Kerusakan Yang Bisa Saja Terjadi Akibat Kepanikan Yang Tidak Perlu… (Terima Kasih @Bank_Indonesia)*

42

Selamat pagi…

Susah bener ini.  Otak saya itu… isinya lebih ke prediksi regional.  Ini karena saya percaya Dow Theory bahwa market trend will confirm each other.  IHSG akan mengikuti pergerakan indeks regional karena kita berada dalam satu dunia… dalam satu perekonomian global.

Problemnya adalah: kadang kala… IHSG suka ngelawan sendiri.  Tidak selamanya IHSG mengikuti regional.  Banyak faktor yang bisa terjadi.  Bisa karena kondisi fundamental dalam negeri sedang jelek… bisa saja karena sentimen dalam negeri sedang jelek… tapi bisa saja seperti apa yang sedang terjadi sekarang ini: kekhawatiran dan ketakutan yang dibuat-buat sendiri seperti yang ada sekarang ini (termasuk diantaranya adalah faktor ketololan dari Bank Indonesia).

Akibat semua hal tersebut… saya merasa perlu untuk melakukan penghitungan resiko.  Saya sih stay bullish.  Karena selama suport 3837 masih bertahan…  trend jangka panjang saya masih tetap naik.  Akan tetapi… saya perlu melihat kebawah: bagaimana kalau ternyata orang-orang benar-benar ketakutan dan secara bersama-sama melakukan ketololan besok pagi.  Skenario terburuk apa yang kira-kira bisa terjadi?

Kita lihat chart saja deh ye…

150917 Chart IHSG pre FOMC

Kemarin…. IHSG sebenarnya ditutup dibawah triangle. Triangle tersebut memiliki potensi koreksi hingga kisaran 3900 – 4000.  Triangle itu hanya batal jika IHSG hari ini bisa kembali diatas resisten di kisaran gap 4.343 – 4.360.

Nilai tukar Rupiah terhadap US$?

Chart saya US$ sebenarnya masih sama dengan terakhir kali.

150917 Chart USDIDR

Setelah level psikologis 14.000 ditembus.. resisten kuat untuk US$ memang hanya ada diatas Rp 15000.  Bisa 15.100 atau bahkan Rp 15.600.  Artinya: kalau memang Rupiah melemah terhadap sampai diatas Rp 15000 untuk setiap US$nya… itu masih normal… masih wajar.

So… kesimpulan saya adalah begini:

Bank Indonesia saja boleh melakukan ketololan tingkat dewa seperti kemarin.  Masa sih kita tidak boleh?

Saya sih.. tetap ada posisi sehingga karena saya berharap respon pasar positif terhadap keputusan The Fed.  Terutama kalau keputusannya adalah menaikkan suku bunga.  Akan tetapi… selama IHSG tidak turun dibawah 3837… saya masih bullish.  Artinya: kalaupun besok IHSG jatuh… selama IHSG tidak turun dibawah 3.837 … saya tetap melihatnya sebagai kesempatan untuk melakukan posisi beli.

IHSG saat ini… Jam 11.13.00.. berada di level 4.375. Sudah diatas resisten 4.360.  Harapan saya sih… sampai sore nanti masih bertahan sampai nanti sore dan besok tidak terjadi apa-apa.

Just in case…

Happy trading… semoga barokah!!!

Satrio Utomo

*bacalah halaman disclaimer sebelum anda melakukan posisi beli atau posisi jual setelah anda membaca ulasan ini.  Terima kasih

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.