#FedRate Oktober : Naik gak Naik tetap bagus…

78

Selamat pagi…

Indeks Dow Jones Industrial sudah dua malam terakhir naik tajam.  Kenaikannya ini sebenarnya penyebabnya agak gak jelas: Dow Jones Industrial naik setelah data tenaga kerja yang buruk, ternyata membuat keyakinan pasar akan kenaikan Fed Rate di bulan Oktober menjadi berkurang.  Dengan kata lain: pasar memprediksikan, bahwa The Fed kemungkinan besar akan tidak menaikkan suku bunga pada bulan Oktober.

Pak Tommy… itu sentimennya bagus atau jelek? Kemarin waktu The Fed tidak jadi menaikkan suku bunga di bulan September, kan sentimennya jelek.  Katanya menciptakan ketidakpastian baru.  Sekarang… ketika pasar yakin bahwa The Fed tidak menaikkan suku bunga di bulan Oktober… kenapa menjadi sentimen positif?

Logikanya seperti ini.

Di tahun 2015 ini, The Fed masih menyisakan 2 kali sidang FOMC : Oktober dan Desember.  Selama Janet Yellen masih yakin bahwa The Fed tetap akan menaikkan suku bunga di tahun ini, itu berarti: kalau The Fed tidak menaikkan suku bunga di bulan Oktober, The Fed pasti akan menaikkan suku bunga di bulan Desember.

Kalau The Fed naikin Oktober ya bagus… alhamdulillah.

Tapi… kalau The Fed gak naikin Oktober … berarti ‘pasti’ Desember.  Bukan begitu?

So… Market naik dalam seminggu terakhir, karena pelaku pasar sudah mulai mendiskon atau memfaktorkan kenaikan suku bunga The Fed.

Dana asing juga sudah seminggu ini positif di pasar reguler.  Posisi per hari ini malah pemodal asing total aliran dana masuknya sudah melewati level psikologis Rp 1 trilyun, dengan net buy hari ini sepertinya bakal double jika dibandingkan kemarin.

Apakah aliran dana asing ini bisa terus berkelanjutan… itu yang harus kita lihat kedepannya….

Happy trading… semoga barokah!!!

Satrio Utomo

*bacalah halaman disclaimer sebelum anda melakukan posisi beli atau posisi jual setelah anda membaca ulasan ini.  Terima kasih.

 

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.