Memahami Double Bottom…*

615

Selamat pagi…

Double Bottom adalah sebuah bentuk dari pola pergerakan harga.

Double bottom ini adalah sebuah pola pergerakan harga dimana pergerakan harga dalam sebuah periode membentuk trend pergerakan harga yang naik dan turun membentuk seperti huruf W.

151023 Double Bottom

Double Bottom ini membentuk seperti huruf W, karena ketika harga bergerak turun, harga bertemu dengan suport yang sangat kuat.  Pergerakan harga tersebut, menguji suport tersebut dua kali (double) sebelum pergerakan harga kembali bergerak rebound.  Karena pengujian suport tersebut dilakukan dua kali dan tidak tembus, maka pola ini disebut sebagai pola double bottom.

Double Bottom ini adalah salah satu variasi dari pola rectangle yang berada di sebelah bawah dari kisaran harga.

Implikasi pergerakan harga pada sebuah double bottom adalah : harga akan bergerak naik sesuai dengan lebar dari double bottom tersebut.

 

151023 Target harga double Bottom

Misalnya:  Sebuah saham membentuk pola pergerakan harga double bottom.  Suport (bottom 1 dan bottom 2) berada pada level 1000, sedangkan mid point berada pada level 1500.  Ini berarti… lebar double bottom adalah sebesar Rp 500.  Jika harga mengalami breakout (penembusan atas resisten midpoint), maka target harga dari double bottom tersebut adalah sebesar Rp 1500 + Rp 500 = Rp 2000.

Pullback

Pullback adalah kondisi dimana harga kembali bergerak turun pasca penembusan dari midpoint dari double bottom.  Pullback ini tidak wajib ada.  Tapi… kalaupun ada… sesuai dengan Rule Of Three, harga bisa saja turun hingga 3 persen dibawah suport dari midpoint.

Demikian bahasan kami tentang double bottom. Sampai jumpa pada bahasan selanjutnya.

Happy trading … semoga barokah!!!

Satrio Utomo

*bacalah halaman disclaimer sebelum anda melakukan posisi beli atau posisi jual setelah anda membaca ulasan ini.  Terima kasih.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.