#PricePattern : Karena Semua Diciptakan Berpasangan…*

305

Selamat pagi…

Alquran sejak 14 abad yang lalu, telah memberikan petunjuk bahwa segala sesuatu diciptakan berpasangan. Sebagaimana kita dapatkan dalam surah Adz-Dzariyat ayat 49, Allah SWT berfirman: “Dan segala sesuatu Kami ciptakan berpasang-pasangan supaya kamu mengingat akan kebesaran Allah.”

Lantas… apa hubungannya dengan pergerakan harga dan indeks di Bursa Efek Indonesia?

Dalam pergerakan harga… ternyata juga dikenal konsep mengenai kemunculan pola pergerakan harga dalam mode yang berpasangan.  Saya sedikit lupa.. saya baca teori ini dimana.. tapi kalau gak salah… ini teori ada dalam buku analisis teknikal standar Murphy atau Pring.

Bunyinya kurang lebih seperti ini:

Jika pada awal sebuah trend kita mendapati sebuah price pattern, maka boleh kita berharap bahwa di akhir dari trend tersebut, akan muncul price pattern kebalikannya.

Price Pattern yang dimaksud disini… adalah reversal pattern utama.. yaitu Head and Shoulder ( vs Inverted Head and Shoulder), serta Double Top (vs Double Bottom).

Kondisi ini berlangsung juga kebalikannya.

  • Jika di awal trend kita menemui adanya double bottom, maka di akhir trend kita bisa menemukan double top.
  • Jika di awal trend kita menemui adanya double top, maka di akhir trend kita bisa menemukan double bottom.
  • Jika di awal trend kita menemui adanya head and shoulder, maka di akhir trend kita bisa menemukan inverted head and shoulder.
  • Jika sebuah trend diawali dengan inverted head and shoulder …maka muncul kemungkinan bahwa di akhir trend kita bakal melihat adanya pola head and shoulder.

Mau tahu contohnya?

Ini adalah sepasang Head and Shoulder (H&S) yang ada pada IHSG.

151025 Sepasang HnS

Yang ini… adalah pasangan double top dan double bottom yang ada pada IHSG….

151025 Pasangan DT DB

Eits… nanti dulu… hehehe….

Sebuah price pattern yang lengkap… itu perlu adanya pencapaian dari target harga.  Artinya: kalau IHSG bergerak naik sampai kisaran 4.900 – 4.950 sesuai dengan target price dari double bottom.. baru kita boleh bilang apabila teori ini benar adanya.

Akankah IHSG mencapai kisaran 4.900 – 4.950 dengan tanpa menyentuh level 4.000 lagi?

Mari kita lihat bersama hingga akhir tahun nanti.

Happy trading… semoga barokah!!!

Satrio Utomo

*bacalah halaman disclaimer sebelum anda melakukan posisi beli atau posisi jual setelah anda membaca ulasan ini.  Terima kasih.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.