Saham, IHSG, Reksadana, Indonesia, Trading, Investasi, Training, Strategy

Pasarnya Pindah ?*

201

Selamat pagi…

Ini… sekedar sharing pengalaman saya di akhir minggu kemarin, di awal November 2015.  Foto yang saya gunakan.. adalah hasil googling. Tapi.. suer deh.. foto saya sesuaikan sedekat mungkin realitanya.

Ceritanya begini.  Jumat kemarin.. saya kepikir untuk mencari kamera kecil. Saya butuh rekam video untuk sebuah acara. Saya terus mencoba mencari ‘inspirasi ke Ratu Plaza.

Sampai disana.. saya disambut oleh sebuah mall yang sepi. Jumlah pengunjung benar-benar sangat sedikit. Dibandingkan dengan jumlah penjual… kira-kira bisa 1:3 … 1 pembeli : 3 penjual.  Benar-benar sangat sepi.

image

Saya pikir : yah.. namanya juga ekonomi sedang sepi. Lagian.. itu habis jam Jumatan. Mungkin pengunjungnya yang belum nongol.

Di Ratu Plaza.. saya tidak dapat yang saya cari. Pingin beli GoPro … tapi duit masih nyangkut. Posisi saya kan pada waktu itu sedang banyak di saham. Saya pingin beli sesuatu yang ‘tidak biasa’. Saya hanya beli SD Card 64GB seharga Rp 615.000. Itupun.. nawarnya seperti orang mau berantem.

Merasa belum dapat apa yang saya cari… besok harinya saya saya twiting.. mencari saran dari temen untuk belanja barang elektronik. Dapetlah saya situs www.jakartanotebook.com .  Eh… ini ternyata adalah penjual online yang memiliki beberapa toko… beberapa toko di bebeapa kota tepatnya.  Saya kemudian ke outletnya yang ada di Central Park.

image

Setelah saya masuk… hehehe… gile bener!!!  Itu ruko yang luasnya gak sampe 40m2 .. ternyata berisi lebih dari 30 orang!!!!! Terdapat 10 buah komputer untuk order melalui intranet mereka.. dan orang berebut komputer itu seperti mau berantem!!!!! Luar biasa ramenya!!!!!!!!!

image

Satu hal: ekonomi kita… bisa jadi memang sedikit lebih sepi.  Akan tetapi.. bisa jadi memang… bukan sepi yang terjadi.  Yang terjadi adalah: pasarnya pindah. Pasarnya pindah dari pasar fisik .. ke pasar online!!!

Ini semuanya wajar. Pasar online dekat, gak kena macet… butuh semuanya juga tinggal kirim.  Butuh makan enak? Gojek saja.  Itu sepertinya yang membuat orang kantoran di Indonesia menjadi lebih gemuk. Trader rumahan juga menjadi semakin gemuk!!!

Fenomena onlineisasi ini sebenarnya juga terjadi di pasar modal Indonesia. Hm.. ah.. jangan dibahas deh.  Jadi ketahuan deh strategi UBI. Hehehe.

So… pasarnya memang sudah pindah.  Kedepan.. kita semua harus bisa menangkap peluang dari situ. Anda juga harus bisa menangkap peluang dari situ.

Semoga petugas pajak tetap berlamban-lamban untuk melihat pergerakan ini.

Happy trading… semoga barokah!!!
Satrio Utomo

*disclaimer ON

trading investasi saham Indonesia pemula mahir pakar pasar modal bursa efek

Leave A Reply

Your email address will not be published.