Mau Belajar Elliot Wave sama Saya? Gratis loh!!! Cuman ada syaratnya…

259

Selamat pagi…

Orang bilang… Elliot wave itu termasuk salah satu ilmu yang ‘paripurna’ dalam analisis teknikal.  Ilmu tingkat tinggi katanya.  Hanya sedikit orang Indonesia yang bisa.  Langkanya ilmu tersebut… membuat pembelajarannya menjadi mahal.  Trainingnya bisa lebih dari Rp 2 juta. Itupun belum tentu bisa.  (gimana mau bisa.. orang … hehehehe…).

Tapi gini deh.  Saya dulu.. belajar Elliot Wave secara gratis.  Guru saya.. adalah Gideon Lapian… dan Asep Subroto.  Bang Gide.. anda tau lah dia siapa.  Sekarang juga masih beredar dimana-mana.  Kang Asep… sudah menghilang sejak beberapa tahun yang lalu.  Katanya sedang sekolah agama di Arab.  Saya sudah lama nggak dengar kabar beritanya.  Guru saya yang lain… adalah buku karya Frost and Prechter, yang berjudul Elliot Wave Principle : Key to Market Behavior.

151203 Elliot Wave

Saya baca buku ini bolak-balik (gak sampe bab terakhir sih sebenarnya.. karena yang bab-bab akhir hanya bersisi contoh-contoh)… dan kemudian berdiskusi dengan Bang Gide… dan Kang Asep.  Setelah saya dapet konsepnya.. saya mencobanya sendiri dalam chart.  Dan akhirnya … saya dapet ilmunya seperti apa yang saya bisa saat ini.

So… karena saya dapet ilmu ini secara gratis.  Maka… sebagai penghargaan saya kepada para Guru saya tersebut… maka saya juga akan ‘memberikannya’ kepada anda secara gratis.

Tidak sepenuhnya gratis sebenarnya… ada syaratnya.

Syaratnya adalah sebagai berikut:

PERTAMA:  Anda harus belajar sendiri konsep Fibonacci Retracement dan Fibonacci Price Projectionnya… dan mempresentasikan kemampuan anda tersebut kepada saya.

Elliot Wave itu sebenarnya adalah kelas advance dari Fibonacci Retracement dan Price Projection.  Untuk memahami Elliot Wave… anda memang harus belajar Fibonacci dulu.  Anda bisa belajar dari banyak buku.  Buku tulisan saya juga bisa (tapi sekarang susah ya carinya.. hehehe)… atau bukunya Carolyn Boroden yang ebooknya mudah didapat… meski saya lebih menyarankan bukunya Constance Brown.  Saya sebenarnya sedang membuat Modul Pembelajaran Fibonacci Tools. Tapi saat ini masih belum kelar.  Masih ada satu – dua materi yang masih belum sempat saya share.  Mungkin nanti anda bisa belajar dari situ.

At the end of the day… anda harus mendemonstrasikan atau mempresentasikan kemampuan anda untuk menggunakan Fibonacci Retracement dan Fibonacci Price Projection kepada saya.  Kalau anda sudah bisa… berarti anda siap masuk ke babak berikutnya: belajar Elliot Wave.  Anda mau ikutan kelas Fibonacci yang sering saya adakan juga bisa.  Tapi tetap saja.. anda harus mendemonstrasikan kemampuan anda untuk menggunakan Fibonacci tools ini kepada saya. Saya hanya mau masuk ke tahap berikutnya… kalau saya sudah yakin anda bisa menggunakan Fibonacci Retracement dan Price Projection ini.

Syarat KEDUA: Anda harus baca buku Frost and Prechter tersebut… dan menjelaskan pemahaman anda kepada saya.

Buku tersebut bisa anda peroleh di Amazon.  Atau… di slideshare sepertinya juga ada yang sudah share.  Anda baca buku itu… anda pahami.. terus anda menjelaskan kepada saya… apa yang anda pahami dari buku itu.  Nanti kita belajar bersama-sama.

Jadi… Proses belajarnya memang seperti mentoring.  Bukan saya yang mengajarkan kepada anda… tapi anda sendiri yang mengajarkan pada diri anda sendiri.  Saya hanya membantu anda agar tidak keluar dari jalur pembelajaran yang seharusnya.

Q&A (pertanyaan dan jawaban)

Q: Pak Tommy… saya gak bisa bahasa Inggris… gak ada buku yang bahasa Indonesia kah?

A: belum ada Pak/Bu.. at least.. saya belum pernah melihat yang bagus.  Kalau anda nggak males… silakan cari penterjemah atau kursus bahasa Inggris dulu.  Eh.. sebaiknya.. jangan penterjemah deh.  Malah kacau nanti.

Q: Berapa lama waktu yang dibutuhkan?

A: Itu tergantung anda.  Tapi … dulu saya bisa bolak-balik ketemu Bang Gide sampai 3 – 5 kali baru bisa paham.  Dulu saya posisi di Jogja… jadi saya ketemu Bang Gide paling 3 – 6 bulan sekali.

Q: Biayanya berapa pak?

A: Gratis.  Saya hanya berharap Alloh ridho terhadap apa yang saya lakukan, dan memudahkan semua urusan saya yang lain.  Tapi kalau anda mau memberikan Lamborghini kepada saya… itu terserah anda.  Sulit bagi saya untuk menolaknya.  Hehehe.

Q: Ada syarat yang lain pak?

A: Anda harus menunjukkan bahwa anda benar-benar ‘niat’.  Niat ini.. bukan berarti rajin ketemu saya.  Rutin ketemu dengan saya juga enggak.  Mau ketemu sekarang.. terus anda menghilang 3 bulan atau 3 tahun juga gak masalah.  Setiap ketemu harus ada progres.  Itu yang saya mau.

A: Saya juga tidak mau mengajarkan Elliot Wave pada saham.  Elliot Wave itu terlalu ribet untuk diaplikasikan pada saham.  Kalau anda memaksa saya untuk melakukan Elliot Wave pada saham… jangan salahkan kalau saya menolak anda.

A: Guru saya yang utama sebenarnya… adalah Bang Gide.  Bang Gide itu orangnya.. yah.. ngomongnya gak banyak.  Tapi biasanya… dia langsung nembak ke inti permasalahannya…. setiap kali saya mengajukan permasalahan kepada dia.  Mungkin saya akan melakukan hal yang sama.  Mungkin tidak.  Anda jangan marah dan harus sabar kalau saya kemudian melakukan hal yang sama.

So… jika anda sudah mengerti, memahami, dan mau menyesuaikan diri dengan syarat-syarat tersebut, telpon saya di 08111268889 untuk membuat perjanjian.  Ingat: inti prosesnya adalah ‘anda belajar’ dan ‘saya mendampingi’.  Kalau anda tidak mau belajar…  tidak memberikan progres… jelas saya tidak akan membawa anda kemana-mana.

Happy trading… semoga barokah!!!

Satrio Utomo

*disclaimer ON

You might also like More from author

2 Comments

  1. SOFYAN says

    assalaamualaikum, pak satrio. sebuah kehormatan tersendiri bagi saya untuk membaca dan menyerap ilmu-ilmu dari jenengan lewat membaca artikel-artikel di website ini.

    prinsip elliot wave tuh ternyata tidak dapat di aplikasikan ke dalam trading saham, ya pak ? sesuai uraian pak satrio diatas.

    saat membaca kisah sukses trader dunia, misalnya TIM GRITTANI tentu tidak bisa dilepaskan dari sosok kawan diskusi atau mentor sebagai tempat bertanya. TIM GRITTANI mengaku dibantu oleh TIMOTHY SKIES setelah TIM GRITTANI kehilangan separuh dari modal saat melakukan trading saham. oleh TIMOTHY SKIES setelah TIM GRITTANI mencoba melakukan komunikasi, dibantulah dia dengan anjuran-anjuran dan nasehat trading. sehingga selama 3 tahun portofolio TIM GRITTANI menjadi sekitar Rp 13 Milyar dengan modal awal sekitar Rp 18 Juta.

    1. rencanatrading says

      Wa’alaikum salam Pak Sofyan…

      Nanti saya baca-baca cerita itu deh… terima kasih infonya.

      Wassalam,
      Satrio

Leave A Reply

Your email address will not be published.