Saham, IHSG, Reksadana, Indonesia, Trading, Investasi, Training, Strategy

Bener… gak lama ternyata…*

168

Selamat pagi…

Semalam indeks Dow Jones Industrial (DJI) kembali rebound besar 369,69 poin (+2,12 persen).  Closingnya di 17.847,63 jelas bagus…. karena nggak cuman resisten pertama di 17.625 yang ditembus… DJI bahkan ditutup diatas resisten kedua di 17.800.  Alasannya standar : mereka tidak takut pada Eropa lagi… mereka tidak takut terhadap The Fed lagi.  Data tenaga kerja yang positif… mereka respon dengan bagus.  Itu yang membuat DJI naik lagi.

Bener ternyata dugaan saya kemarin… kalau ketakutan DJI terhadap Krisis Eropa.. itu ternyata hanya sehari doang… Tidak lama.  Itu catatan saya buat lain kali.  Maksute: lain kali kalau DJI turun karena Eropa… mendingan beli.. mendingan contrarian.. tidak diambil posisi searah seperti kemarin.. hehehe.

Satu hal lagi yang menjadi catatan saya adalah : buang jauh-jauh pikiran anda bahwa market Amerika takut dengan kenaikan suku bunga.  Saya heran .. masih banyak orang yang berpendapat seperti itu:  Market takut The Fed lah… market takut Yellen.  Sama sekali tidak.  Market memang masih takut dengan harga minyak… takut sedikit.  Tapi tidak terhadap Yellen… dan tidak terhadap kenaikan suku bunga.

So… kenaikan ini berarti saya harus baibek lagi… belanja di hari Senin.  IHSG resisten pertama adalah gap di 4.531 – 4.541.  Kalau resisten itu bisa ditembus… berarti IHSG sudah trend naik lagi.  Kalau IHSG sudah trend naik lagi… berarti saya harus belanja lagi.

Hadeeeh… harus bangun porto lagi deh.  Kemarin terlanjur saya bongkar.  Cuman… buat saya pelajarannya begini: ‘salah’ itu biasa.  Tidak disiplin.. itu ‘luar biasa’.

Happy trading… semoga barokah!!!

Satrio Utomo

*disclaimer ON

Leave A Reply

Your email address will not be published.