Modul Belajar Trading for A Living…*

572

Selamat pagi…

Bulan Desember adalah bulan baik bagi kita semua.  Bagi pasar modal Indonesia, bulan Desember adalah bulan berkah karena sudah 14 tahun terakhir (catat ye… 14 tahun terakhir !!!) IHSG selama bulan Desember selalau bergerak naik.  Terakhir IHSG turun di bulan Desember, adalah pada tahun 2000, ketika IHSG turun dari level 429,214 di akhir bulan November, ke level 416,321 di akhir Desember.   Sudah sangat lama sehingga saya tidak ingat lagi kejadian pasar modal apa yang berlangsung saat itu.  Yang saya ingat… Desember tahun berikutnya… Desember 2001 adalah bulan ketika anak pertama saya lahir… dan setelah itu… bulan Desember memang selalu menjadi bulan yang indah bagi saya.

Untuk berbagi semua kebahagiaan itu… pada bulan Desember 2015 ini… saya ingin berbagi materi mengenai Trading for A Living … hidup dengan mengandalkan pasar modal.  Pasar modal Indonesia yang kita cintai ini… dengan segala kekurangan dan kelebihannya.

Materi ini sebenarnya sudah saya awali pada awal September 2015 kemarin, ketika ulang tahun ke 6 dari weblog ini.  Akan tetapi… karena satu dan lain hal… saya baru berhasil melengkapi tulisan terakhirnya pada hari ini.

Semoga bermanfaat bagi kita semua….

Trading for A Living … Mimpi Menangkap Uang dari Langit

Bagi sebagian orang, pasar modal itu ibarat uang yang berjatuhan dari langit.  Ketika suku bunga deposito hanya sekitar 5% per tahun (dipotong pajak 20% lagi…), begitu seringnya saham yang mencetak profit 5% untuk satu hari, membuat pasar modal seakan-akan seperti duit yang berjatuhan dari langit.  Dari situ muncul ide: bagaimana kalau kita berusaha untuk hidup dari pasar modal saja? Bagaimana prospek untuk hidup dengan mengandalkan penghasilan yang 100% dari pasar modal?  Dan pertanyaan terakhirnya adalah : bagaimana cara hidup dengan 100% mengandalkan profit dari pasar modal.

Saya sendiri… saat ini termasuk dalam orang yang 100% mengandalkan hidup dari pasar modal.  Eh… tapi ingat.. baru 100% ‘dari pasar modal’ … belum ‘100% dari profit pasar modal’.  Beda.  Saya sebenarnya sama kastanya dengan anda… sedang berusaha untuk hidup 100% dari profit pasar modal.

Bagi anda yang baru saja memulai belajar … sebaiknya anda membaca tulisan yang pernah saya tulis mengenai bagaimana cara memulai trading.

Modul Trading for A Living di Pasar Modal Indonesia ini, saya bagi menjadi beberapa tulisan:

Dalam modul Trading For A Living ini… saya mencoba menangkap berbagai sudut pendekatan jika saya adalah seorang pemodal.

Saya berharap… tulisan ini bisa memberikan pencerahan bagi kita semua … terutama bagi mereka … para pemula … yang ingin belajar mengenai bagaimana hidup dengan mengandalkan pendapatan dari pasar modal Indonesia.

Happy trading… semoga barokah!!!

Satrio Utomo

*bacalah halaman disclaimer sebelum anda melakukan posisi beli atau posisi jual setelah anda membaca ulasan ini.  Terima kasih.

 

You might also like More from author

9 Comments

  1. Andi says

    Pak tomi,

    Thanks banget sudah mau menyiapkan modul semenarik ini. Sepertinya saya bakalan sibuk membaca ini pelan2 beberapa hari (mgkn minggu) ke depan

    Sekali lagi thanks 🙂

    1. Satrio Utomo Purnomo says

      Bung Andi….

      Bahasan saya ringkas kok… paling 1-2 hari juga kelar. Semoga bermanfaat buat anda….

      Wassalam,
      Satrio

  2. aksara says

    pak satrio.modulnya bisa saya dapatkan dimana? saya tertarik sama modul ini…

    1. Satrio Utomo Purnomo says

      Modulnya adalah apa yang ada disini pak. Kalau masih ada yang kurang jelas… Bapak bisa tanya langsung ke saya.

      Wassalam,
      Satrio

  3. David says

    Trims bgt Pak Tom. Kok tau aja ya klo saya mau “full” di psr modal mulai tahun depan. Terus berkarya ya Pak Tom. Bgmnpun tulisan Pak Tom selalu jd rujukan utama saya sejak 6 bln yll. Tp maaf ye Pak, itu iklan blon pernah saya klik.
    Btw revised ed. buku fibonaccinya dipercepat dong releasenya hehe….
    Salam sukses, David

    1. Satrio Utomo Purnomo says

      Bung David….

      Terima kasih atas kunjungan anda. Perkara iklan.. santai saja lah…. Anda berkunjung saja saya sudah senang.

      Wassalam,
      Satrio

  4. hobilari says

    Mantap Pak Tommy bagi bagi tips dan ilmu buat yang mau mengandalkan hidup dari Pasar Modal. Saya ikut nyimak Pak Tommy..

    1. Satrio Utomo Purnomo says

      Bung Hobilari

      Terima kasih sudah banyak memberikan jempol selama ini. Anda benar-benar memberikan semangat bagi saya untuk menulis.

      Jempol anda akan selalu saya nantikan… tentah suka atau tidak suka.. hehehe

      Wassalam,
      Satrio

    2. Satrio Utomo Purnomo says

      Bung Hobilari…

      Terima kasih atas jempol-jempol anda selama ini. Jempol anda adalah salah satu penyemangat saya dalam menulis.

      Wassalam,
      Satrio

Leave A Reply

Your email address will not be published.