Saham, IHSG, Reksadana, Indonesia, Trading, Investasi, Training, Strategy

Living after #FedRatehike for #IHSG …*

221

Selamat pagi…

Akhirnya resmi… The Fed menaikkan suku bunga The Fed 25 basis poin sesuai dengan perkiraan.

Pertanyaan kita semua adalah : apa yang kemudian terjadi pada IHSG?

Well… bagi anda yang sudah lama setia mengikuti blog saya ini… anda pasti tahu bahwa saya adalah orang yang bullish terhadap langkah The Fed ini.  Tidak seperti orang yang takut atau bahkan menakut-nakuti… saya selalu melihat adanya fakta… bahwa dulu… ketika tapering… kondisinya adalah dana asing keluar ketakutan tapering .. tapi ketika tapering dilakukan.. dana asing malah kemudian masuk.  Saya berharap bahwa kedepan kondisinya kurang lebih sama.  Terutama kalau kita melihat posisi kemarin bahwa asing mulai terlihat melakukan posisi beli.  Bisa jadi hasilnya kurang lebih sama.

Akan tetapi … secara teknikal … saya melihat ada sesuatu yang lain.  Anda mungkin sudah membaca dalam tulisan 15.45 saya di hari Selasa seminggu yang lalu.  Disitu saya menampilkan gambar seperti ini:

151208 flat 335Pergerakan IHSG terakhir… sudah seperti ini:

151217 IHSG

Artinya…. kalau IHSG mengikuti skenario wave diatas… maka pergerakan IHSG pasca kenaikan suku bunga The Fed bisa jadi adalah seperti ini:

151217 IHSG proyeksi wave

IHSG bakal bergerak naik dalam beberapa hari kedepan… membentuk titik tertinggi dibawah resisten 4568 … kemudian kembali bergerak turun hingga kisaran 4.250 – 4.450 … sebelum kembali bergerak naik.

Pertanyaan : Apakah ini akan terjadi?

Saya juga belum bisa memastikan karena terakhir.. trend jangka pendek IHSG masih berada dalam trend naik.  Puncak dari subwave 4 belum terlihat.  Skenario ini hanya dipastikan ‘berjalan’ jika puncak dari subwave 4 sudah muncul dan dibawah 4.568.  Dengan kata lain: kalau IHSG ternyata bikin titik tertinggi diatas 4.568… berarti skenario ini batal.  Kemungkinan koreksi ini yang membuat saya tidak mau full power sampai hari ini.

Pertanyaan berikutnya adalah : kalaupun kedepan ada koreksi… haruskah kita takut?

Jawaban saya : TIDAK!!!

Karena… selama suport di 4.033 masih bertahan…. wave IHSG untuk 2016 adalah masih seperti berikut ini:

151217 IHSG proyeksi wave 2016

 

So…. Posisi saya saat ini sedang agak banyak.  Mungkin kalau trend naik IHSG kali ini berakhir… saya akan kembali mengurangi posisi.  Akan tetapi… kalau IHSG kemudian bergerak turun…. saya akan fokus untuk belanja… karena saya menantikan rally IHSG pada kuartal pertama 2016 … pasca kenaikan suku bunga The Fed ini.

Skenario terbaik adalah kalau ternyata sudah tidak ada lagi hit ke bawah untuk menjemput subwave 5.  Well… kalau itu yang terjadi… ya minimal saya sudah ada posisi lumayan banyak.  Tapi kedepan…. saya hanya fokus : kalaupun ada koreksi… itu adalah kesempatan untuk beli…. bukan untuk ketakutan.

Tulisan ini…. tujuannya bukan untuk menakut-nakuti anda.  Saya tidak bilang bahwa : nanti akan ada koreksi loh!!! koreksi yang mengguncang dunia!!!  Saya gak mau bilang begitu.   Dengan tulisan ini… saya mau bilang bahwa : kalau ada koreksi… BELI.  Itupun kalau ada koreksi.  Kalau gak ada… ya sudah… ikhlas lah saja. Toh cuan ini.  Hehehe.

Happy trading… semoga barokah!!!

Satrio Utomo

*bacalah halaman disclaimer sebelum anda melakukan posisi beli atau posisi jual setelah anda membaca ulasan ini.  Terima kasih.

2 Comments
  1. Mr.ron says

    skenario bila turun disekitar 4350, atau kalo dah punya barang hold dulu sambil nunggu tembus 4568…..saya coba hold dech hehe, tks infonya pak….cool analysis.

    1. Satrio Utomo Purnomo says

      Serius masih hold? Belum menyesal? Hehehe

Leave A Reply

Your email address will not be published.