Saham, IHSG, Reksadana, Indonesia, Trading, Investasi, Training, Strategy

#Mediumterm #DowJonesIndustrial : Kalau cuman testing 15.000 … itu masih normal…*

148

Selamat pagi…

Setelah tadi saya posting arah dari trend Dow Jones Industrial (DJI) jangka pendek… sekarang saya posting chart DJI untuk jangka yang lebih panjang… jangka menengah.

Untuk jangka menengah… saya menggunakan chart DJI dalam pattern Zig-zag seperti ini:

160109 Zigzag DJI

Dengan trend channel seperti itu… DJI kalau cuman testing level psikologis 15.000 … sepertinya juga masih normal.  Saya belum hitung wavenya sih… tapi sekilas tadi.. zig-zag ini adalah wave 4 dari trend yang bermula dari bottom 2009.  Cuman.. untuk nggambarnya… sepertinya saya belum bisa meluangkan waktu ini.  Banyak banget hal lain di kepala saya yang ingin dikeluarin.

So… Dengan posisi DJI berada dalam subwave c dari wave 4 ini… koreksi dari DJI bisa berakhir kapan saja untuk memulai wave 5.  Saya sih sedang menunggu bottomnya DJI dimana.  Melihat DJI turun 1,02 persen lagi hari Jumat kemarin.. memang membuat hati sedikit galau.  Tapi… emang DJI Jumat ngaruh sama market Asia Senin gitu? Belakangan kan juga enggak…

Happy trading… semoga barokah!!!

Satrio Utomo

*bacalah halaman disclaimer sebelum anda melakukan posisi beli atau posisi jual setelah anda membaca ulasan ini.  Terima kasih.

1 Comment
  1. Subur Makmur says

    Setuju Pak Tomi. Kalo sampe support 14878 (122 poin di bawah 15000) jebol baru luar biasa. Karena sejak 2009 DJI belum pernah koreksi lebih dari 19% kan? Oh ya kalo sampe akhir Februari 2016 belum tercetak new high di atas 18351, termasuknya luar biasa juga karena sejak 2009 biasanya belum sampai 10 bulan sudah tercetak new high. Luar biasa yang sudah kita sama2 tahu kan sekedar awal tahun pertama terburuk sepanjang sejarah. Betul tidak Pak Tomi?

Leave A Reply

Your email address will not be published.