Trending dan Non-Trending Market …*

300

Selamat pagi…

Seorang analis teknikal percaya, bahwa pergerakan harga itu memiliki arah.  Istilah dalam Bahasa Inggrisnya : Price moves in trends.

Arah pergerakan harga ini, ada tiga:

Dalam kelanjutannya, ketika harga berada dalam trend naik atau trend turun, maka harga dikatakan bergerak dalam ‘trending market’ atau market yang memiliki trend, market yang memiliki arah pergerakan harga.  Ini karena keduanya memiliki arah trend yang jelas: arah trend naik (sehingga bisa digambar sebuah trend naik) atau arah trend turun (sehingga bisa digambar sebuah trend turun).

Berikut ini adalah model dari sebuah trend naik… jika trend naik tersebut berbentuk channel.

160110 Model Trend Naik - Channel

Berikut ini adalah model dari sebuah trend turun… jika trend turun tersebut berbentuk channel.

160110 Model Trend Turun - Channel

Di sisi yang lain, ketika harga bergerak dalam trend mendatar, maka pergerakan harga disebut sedang berada dalam ‘non-trending market’ karena pada saat itu harga berada dalam kisaran harga tertentu dalam periode trend yang lebih panjang, meskipun pada trend dengan jangka yang lebih pendek, harga tetap bergerak dalam sebuah trend naik atau trend turun.

Untuk lebih jelasnya… bisa dilihat pada gambar dibawah ini:

160110 Model Trend Mendatar

Dalam sebuah non-trending market … harga memang terlihat sedang bergerak naik atau turun untuk jangka pendek… tapi untuk jangka yang lebih panjang… harga terlihat ‘terperangkap’ dalam sebuah kisaran harga tertentu.  Sebagai penjelasan lebih lanjut, kita bisa melihat pada tulisan saya mengenai pergerakan harga pada sebuah trend mendatar.

Bagaimana implikasinya? Bagaimana pengaruh dari trending market dan non-trending market ini terhadap posisi kita sebagai seorang trader?

Kalau untuk non-trending market… anda bisa melakukan posisi beli atau posisi jual dengan memanfaatkan suport atau resisten.  Meski… anda harus memutuskan… apakah anda akan melakukan positioning secara normal atau contrarian.

Untuk positioning pada trending market… saya belum pernah bahas secara detail rupanya.  Tapi pada dasarnya… kita hanya perlu melakukan posisi beli (untuk trend naik) atau jual (untuk trend turun) … dan kita tahan posisi tersebut hingga terdapat bukti yang cukup bahwa trend tersebut sudah berakhir (misalnya dengan penembusan suport pada trend naik atau resisten pada trend turun dengan berdasarkan kriteria dari Rule of Three).

Kita bahas pada kesempatan yang lain deh…

Happy trading … semoga barokah!!!

Satrio Utomo

*bacalah halaman disclaimer sebelum anda melakukan  posisi beli atau posisi jual setelah anda membaca ulasan ini.  Terima kasih.

 

 

You might also like More from author

1 Comment

  1. tony says

    makasih om pencerahannya

Leave A Reply

Your email address will not be published.