Saham, IHSG, Reksadana, Indonesia, Trading, Investasi, Training, Strategy

Masih seputar Minyak…

214

Selamat pagi…

Seperti perkiraan kita pada 15.45 kemarin… harga minyak memang masih berpeluang menguat … menguatirkan.  Harga minyak WTI yang jatuh ke level US$ 29 per barrel memang masih merupakan sumber utama dari koreksi 2,39 persen pada indeks Dow Jones Industrial semalam. DJI juga pertama kali ditutup dibawah level psikologis 16.000 sejak Agustus 2015.

image

Jadi…sentimen utama memang masih tetap akan berasal dari harga minyak. Selama harga minyak belum bottoming.. bursa global masih akan bergejolak.  Selama bursa global bergejokal… sebaiknya kita tetap dalam posisi defensif.

IHSG sebenarnya beda.  Koreksi DJI ini kemungkinan bakal membuat IHSG kembali bergerak dalam trend turun… setelah seminggu terakhir bergerak flat.  Meskipun demikian… banyak faktor yang membuat saya masih percaya kalau koreksi IHSG tidak akan separah bursa global.  Aktifitas dari pemodal asing yang minim.. potensi penurunan harga BBM… dll…dsb.. bakal membuat koreksi IHSG menjadi lebih kecil jika dibandingkan koreksi pada bursa global.

Cuman ya gitu: sepertinya kita memang harus wait and see dulu.. sampai suasana menjadi jauh lebih kondusif… sampai minyak terlihat sudah mencapai bottomnya.

Dimana bottom dari harga minyak? Semoga sempat saya sampaikan hitungannya sebelum hari Senin.  Perkiraan awal saya sih.. minyak WTI di US29-US30 ini sebenarnya adalah suport.  Suport berikutnya sepertinya bakal di bawah harga US$20 per barrel… sekitar US$17,5 – US$20.

Happy trading… semoga barokah!!!
Satrio Utomo

*disclaimer ON

trading investasi saham Indonesia pemula mahir pakar pasar modal bursa efek

4 Comments
  1. Lingga says

    Saya lagi menyimak sampe sejauh mana daya tahan negara penghasil minyak dan perusahaan2 minyak. Kalo bangkrut, efeknya bisa berantai nih.

    1. Satrio Utomo Purnomo says

      Bung Lingga…

      Mereka (terutama Saudi) cuman harus hemat kok. Kalau disuruh Arab Saudi dan Iran disuruh bersatu soale susah. Dari dulu juga seperti itu. Setelah harga minyak jatuh seperti ini, Arab Saudi hanya bisa bangkrut kalau Indonesia membatasi umrah dengan ketat. Dan yang terakhir itu… sepertinya tidak mungkin.

      Wassalam,
      Satrio

  2. hianny says

    Mas satrio anda ada analis yg saya seting baca tulisannya. Tidak banyak yg saya mau baca tp anda salah satu yang saya pasti buka buat dibaca. Baru beberapa bulan ini saya rutin buka web ini. Menurut saya anda adalah analis yang jujur dan gak punya niat aneh2. Sincere dan bisa di trust apa yg mas ulas. Thx u mas tulisan2nya. Kalau bisa jam nya majuin donk yg sore jam 15.00.maaf mas saya gaptek jd gak punya semua medsos kecuali email. Sekali lagi terima kasih ulasan2nya.

    1. Satrio Utomo Purnomo says

      Bu Hianny…

      Ibu bukan yang pertama bilang pada saya mengenai hal itu. Saya juga paham bahwa saya sebenarnya harus membuat 15.45 lebih cepat agar bisa lebih bermanfaat. Sebagai informasi, saya memang harus membuat 15.45 itu setelah ada kepastian posisi penutupan Hang Seng jam 15.05. Saya perlu 5-10 menit untuk menulis, sehingga 15.15 harusnya juga sudah bisa publish. Saya usahakan deh bu.

      Wassalam,
      Satrio

Leave A Reply

Your email address will not be published.