Saham, IHSG, Reksadana, Indonesia, Trading, Investasi, Training, Strategy

Strategi Trading Ketika Trend Sedang Mendatar…*

393

Selamat pagi…

Trend mendatar adalah suatu kondisi dimana harga bergerak dalam kisaran harga tertentu selama periode waktu tertentu.

Dalam sebuah trend mendatar, harga bergerak pada sebuah kisaran harga, artinya harga bergerak diantara sebuah suport dan sebuah resisten.

110608 Buy and sell dg Suport dan Resisten Normal

Dalam kondisi seperti ini, pemodal bisa melakukan posisi beli ketika harga di sekitar area suport, dan melakukan posisi jual ketika harga berada di sekitar posisi resisten.  Ini ketika pemodal berasumsi bahwa volatilitas pergerakan harga saham tersebut adalah normal.

Akan tetapi… ketika pemodal melihat bahwa pergerakan harga bakal memiliki kisaran yang lebih lebar, maka pemodal bisa melakukan posisi beli atau posisi jual dengan strategi contrarian, selama pemodal masih yakin bahwa pergerakan harga kedepannya bakal tetap bergerak mendatar, berada diantara suport dan resisten tersebut.

110608 Contrarian Strategy

 

Pertanyaan terakhirnya adalah sebagai berikut:

Jika trend harga bergerak flat… bergerak mendatar… mana yang lebih bisa memperoleh manfaat atau return lebih tinggi: seorang trader? ataukah seorang investor?

Perlu diingat… Trading itu berbeda dengan investasi dan Investasi berbeda dengan trading. Trading itu fokus pada return jangka pendek.  Investasi itu fokus pada return jangka panjang.

Ketika trend sedang berlangsung mendatar, harga itu sebenarnya relatif tidak bergerak banyak.  Artinya, seorang investor boleh dikatakan tidak memperoleh return.  Disisi lain, seorang trader bakal bisa memperoleh return yang lebih baik, apa bila dia mampu menentukan dimana suport dan resisten dari kisaran harga saat itu, dan melakukan posisi beli atau posisi jual dengan menggunakan suport dan resisten tersebut, terlepas dia mau menggunakan asumsi pergerakan harga normal ataupun contrarian.

Akan tetapi… ini tentu saja bukannya tanpa resiko.  Ingat: jika harga kemudian menembus suport atau resisten tersebut, harga akan bergerak menuju target harga dari trend mendatar tersebut, yang tidak lain adalah merupakan target harga dari pola rectangle.

Jadi… ketika harga sedang berada dalam trend mendatar seperti apa yang berlangsung pada IHSG periode 2012 – 2016 ini… mana yang anda pilih: menjadi seorang investor? ataukah seorang trader?

Happy trading… semoga barokah!!!

Satrio Utomo

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.