Payah…*

0 2

Selamat petang…

Ini … sebelum tidur… saya melihat chart saham-saham di bursa kita… dan chart terkait lainnya.

Kalau chart eksternal… semua bagus.  Dow close diatas 17.000…. sepertinya masih otw ke target double bottom di 17500-17600.  Minyak juga tembus resisten kuat US$34.81.  Sepertinya masih otw ke US$40 per barrel.

Akan tetapi… dari dalam negeri… kondisinya memang payah.  Fund lokal yang sedang bearish ini… hingga hari Jumat kemarin tetap menjadi momok dari pasar.  Konstruksi ditekan… beberapa saham big caps juga ditekan sampai ditutup dibawah suport pertamanya… seperti langit mau runtuh saja.  Padahal dana asing mengalir lumayan deras di pasar reguler.  Seminggu terakhir kemarin saja.. net buy dari pemodal asing di pasar reguler sudah mencapai Rp 2,2 trilyun dan berlangsung secara konsisten.  Ini membuat total aliran dana asing sejak 25 Januari 2016 mencapai Rp 6,93 trilyun.  Asing sudah bullish.. asing sudah belanja… lokal yang payah malah kepingin lari.  Memang ajaib.

So… di minggu kedua bulan Maret ini… saya kepingin lihat apakah lokalnya masih bearish seperti minggu kemarin.

Pada minggu ini… regional sepertinya masih akan tetap bagus… menjelang The Fed yang tidak jadi menaikkan suku bunga pada minggu depan.  Dow masih akan lari menuju target dari double bottom… minyak masih akan tetap rebound.  Akan tetapi… selama lokal masih angot seperti seminggu terakhir.. IHSG bakal sulit untuk berkembang.  Pelaku pasar malah cenderung menanti signal negatif.  Padahal regional sedang bagus.

Kita lihat saja deh.. semoga lokal yang angot ini sudah berhenti.

Happy trading… semoga barokah!!!

Satrio Utomo

*disclaimer ON

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.