Ketika trend jangka pendek menjadi panglima…*

143

Selamat pagi…

Ibarat sebuah bom…. saya itu sumbunya pendek.  Resiko sumbu pendek itu adalah bomnya mudah meledak.  Posisi trading saya… mudah banget berubah arah.

Posisi trading saya mudah berubah arah karena saya hanya mengikuti trend jangka pendek.  Trend jangka pendek harga saham, IHSG, bursa global, segala macam variabel yang mempengaruhi bergerakan harga.

Meski… belakangan… gara-gara HMSP yang terlalu mengontrol IHSG… saya jadi lebih fokus ke grafik saham secara individu.  IHSG tidak lagi penting.  Eh… kecuali… kalau trend dari IHSG dan semua market variabel berubah.  Saya bakal lebih disiplin dalam melakukan positioning berdasarkan chart individu.

Dalam positioning seperti ini… kuncinya adalah: kemampuan membaca trend, melihat arah pergerakan harga… selain juga menentukan: apakah harga sedang berada dalam trend, atau sedang berada dalam konsolidasi / non trend.  Kalau trend ya tinggal dilihat arahnya mau kemana.  Kalau memang non trend, berarti lihat suport dan resisten dimana, dan berusaha mengeksploitasi suport dan resisten tersebut dengan sebaik-baiknya.  Beli jual berdasarkan logika kontrarian.

Saham apa yang saya mainkan? Saya itu orang Islam.  Muslim.  Saya anti judi.  Sangat anti judi.  Terkadang terkesan aneh: buat saya… anti judi lebih penting daripada sebuah list saham syariah.  Halal dan haram saya belum sinkron dengan semua orang.  Semoga Alloh SWT memberikan petunjuk bagi saya… seperti setiap hari minimal 17 kali saya mengucapkan: ihdinas siratal mustaqim.  Ya Alloh… tunjukkanlah bagiku jalan yang lurus.

Itu adalah pendekatan dasar saya terhadap market.  Ndak susah kan?

Problemnya: saya tetap saja manusia.  Mahluk Tuhan Yang MahaEsa dengan segala keterbatasannya.

Weleh… ngomong apa ini saya? Hehehe.  Kalau anda mengerti ya alhamdulillah…. kalau anda ndak mengerti… yaa… semoga nanti anda mengerti.  Mungkin ini hanya omongan trader yang mabok habis cut loss.  Hehehe..

Happy trading… semoga barokah!!!

Satrio Utomo

*dislcaimer ON

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.