15.45*

40

Selamat sore…

Ada apa sih ini ya? Sejauh yang dalam pengetahuan saya… ini cuman karena pemodal asing yang pesimis menjelang publikasi kinerja emiten perbankan.  Apakah ini karena market yakin BI Rate berhenti turun??  hm… tadi saya googling gak dapet berita seperti itu.  Tapi ini .. net sell asing memang agak keterlaluan.  Hingga jam 15.30 saja sudah lebih dari Rp 400 miliar.  Pemodal asing melakukan tekanan jual dengan terlalu bersemangat.

Padahal.. dari bursa regional.. tidak terlihat ada masalah yang besar.  Hang Seng sore ini malah close diatas resisten pertama 20400.  Signal malah positif.  Minyak WTI memang turun.. tapi hanya turun tipis… belum terlihat adanya signal negatif.  Dow Futs malah naik tadi setelah jam 14.30.

Yang jelas.. saham perbankan.. eh.. nggak cuman perbankan siy…. saham-saham big caps sore ini running dibawah suport.  Karena running dibawah suport…. potensi koreksinya masih ada.

IHSG.. sejauh ini masih diatas suport kedua di 4.750.  Tapi.. terlalu jauh dari suport pertama di 4.810.  IHSG sepertinya masih akan ditutup dengan trend turun… itu yang pasti.

So… dengan koreksi yang agak ‘berlebihan’ ini… saya malah terpancing untuk melakukan posisi contrarian: beli ketika harga menembus suport.  Tapi.. tetap saja tidak banyak sebenarnya.  Saya hanya melakukan posisi spekulatif dalam jumlah yang kecil.  Posisi saya nantui… sepertinya.. paling banyak juga cuman sekitar 25%. Tapi sepertinya.. tetap gak akan lebih dari 20% deh.

Oh iya.. sebagai pengingat: bagi anda yang ingin bergabung dengan Kelas Dasar Analisis Teknikal Angkatan 6 (KDAT6) hari ini adalah pendaftaran terakhir untuk masa early bird.  Mulai besok, biaya yang anda harus keluarkan untuk mengikuti training ini sudah kembali ke rate normal.  Detail pelaksanaannya bisa dilihat pada link berikut ini.

Happy trading… semoga barokah!!!

Satrio Utomo

*diclaimer ON

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.