Net Seller Asing tiba-tiba menjadi lebih agresif…*

132

Selamat siang…

Tadi pagi… ketika market baru berjalan 30 menit… tekanan jual dari pemodal asing sebenarnya tidak terlalu agresif.  Cuman sekitar Rp 40 miliar.  Net sell segitu itu… sampai sore juga gak akan lewat Rp 200 miliar.  Masih manageable sebenarnya.

Masalahnya.. setelah jam 10 tadi… net sell asing tiba-tiba meningkat tajam.  Naik jadi sekitar Rp 100M – Rp 125M kalau ndak salah.  Ini yang kemudian menjadi masalah.

Tekanan jual terutama terlihat pada saham-saham perbankan.  Akan tetapi.. nggak cuman saham bank saja sih sebenarnya… tekanan jual terlihat merata di semua saham big caps: banks… konsumer… ASII.. TLKM.

Pertanyaan yagn muncul di kepala saya : emang kita mau bearish gitu? Emang IHSG mau jatuh? Koreksi besar?

Dari tadi… saya otak atik chart IHSG saya…. masa sih kita mau 3450? Hehehe… Nggak lah… Emang ekonomi kita ancur banget gitu? Emang ekonomi global bermasalah banget?

Untuk jangka menengah.. saya pake suport 4.757.  Kalau suport itu ditembus…. potensi koreksi IHSG hanya sekitar 4.600-4.650.

Posisi saya memang cuman tinggal 10%.  Tapi bukan berarti saya bearish banget.  Saya hanya sekedar mencari tempat yang bagus untuk kembali reakumulasi.

Happy trading… semoga barokah!!!

Satrio Utomo

*diclaimer ON

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.