10.25*

85

Selamat pagi…

Pertama-tama… mari kita memulai dari berita bagusnya dulu. Berita bagusnya: tekanan jual pada saham perbankan terlihat sudah sangat berkurang.  Berkurangnya tekanan jual di saham perbankan ini… membuat IHSG masih bisa bertahan di teritori positif… meski naiknya hanya tipis.  Meskipun demikian.. berakhirnya tekanan jual ini, bukan berarti pemodal asing melakukan aksi beli.  Net buy asing hanya tipis Rp 15M hingga IHSG tidak bisa menguat banyak.  Harga saham-saham perbankan sejauh ini baru resisten testing.  Baru BMRI yang mampu menyentuh resisten pertama di 9.450.

Hari ini.. ancaman baru muncul dari harga minyak setelah pertemuan Doha gagal mencapai hasil.  Sebagai pengingat.. bullish market pada bursa global dalam sebulan terakhir itu didorong kenaikan harga minyak.  Kalau minyak kemudian turun… hehehe… bisa berabe itu bursa globalnya.  Kabar baiknya: harga minyak WTI posisi terakhirnya sudah di ret 50%.  Akan tetapi.. harga minyak nanti malam seperti apa… hm… sepertinya kita harus menunggu reaksi market nanti malam.

IHSG kuat karena asing net buy.  Sepertinya juga karena sentimen positif dari kemungkinan penurunan BI Rate.

So… berhubung rally terakhir didorong harga minyak.. posisi saya berat di harga minyak.  Nah.. ketika yang membangun kenaikan ini kemudian hilang… berarti saya hari ini mengurangi posisi.  Untuk berpindah ke sektor lain… berpindah ke sentimen ‘penurunan BI Rate’ … sepertinya nanti dulu deh.  Saya kepingin tahu.. pengaruh dari kejatuhan harga minyak terhadap bursa global ini seperti apa.

Happy trading… semoga barokah!!!

Satrio Utomo

*disclaimer ON

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.