15.45*

33

Selamat sore…

Sebenarnya… kalau lihat Hang Seng naik.. kalau melihat harga minyak WTI juga naik.  Hari ini sebenarnya tidak ada apa-apa.  Tidak ada faktor eksternal apa-apa.

Ini cuman pemodal asing yang tiba-tiba lepas posisi.  Apa alasannya… saya juga masih belum jelas.  Apakah masalah laporan keuangan perbankan besar (BBRI, BMRI, dan BBCA) yang bakal dipublikasikan dalam beberapa hari mendatang.. atau masalah pertumbuhan ekonomi yang akan diumumkan minggu depan… saya juga belum tahu.  Akan tetapi.. dengan IHSG sempat bikin low dibawah 4.793 tadi pagi, which is ini berarti signal bahwa konsolidasi ternyata masih belum berakhir, sepertinya membuat saya lebih berhati-hati.  Sepertinya… saya memilih untuk menunggu dulu… menunggu angin jeleknya lewat… baru mulai positioning lagi.

So… setelah exit posisi… setelah mengurangi posisi… posisi saya hari ini sudah tidak sebesar tadi pagi.  Tekanan jual seperti ini.. sepertinya harus ditunggu supaya lewat dulu.  Kalau ternyata besok sudah hilang.. ya saya tidak heran orang ini alasannya belum jelas juga.  Tapi… sepertinya… ini tidak akan selesai hanya dalam 1-2 hari.

Suport saya untuk IHSG tinggal di level 4.750.  Saya mau nunggu suport itu kena… atau saya mau nunggu sampai IHSG reversal baru mau belanja lagi.

Happy trading… semoga barokah!!!

Satrio Utomo

*disclaimer ON

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.