First false signal…*

70

Selamat pagi…

Kita tahu bahwa Indeks Dow Jones Industrial itu.. bisa bikin false signal. Kita juga tahu bahwa false signal itu kadang bisa berulang-ulang bahkan berturut-turut.  Akan tetapi.. ketika false signal terjadi pertama kali setelah beberapa waktu.. disitu saya sering kali (kalau nggak mau dibilang ‘selalu’ .. hehehe) tidak siap.

Dow Jones Industrial semalam terkoreksi 0,78 persen setelah sentimen negatif data manufaktur china memberikan tekanan pada pergerakan harga saham.

image

Signalnya terlihat tidal bagus, karena DJI ditutup dibawah low sehari sebelumnya.  Ini adalah false signal pertama dari indeks ini dalam 2-3 minggu terakhir.

Kondisi ini membuat angka pertumbuhan GDP 1Q2016 yang akan diumumkan BPS hari ini bakal menjadi pengendali.  Konsensusnya sih di 5.05 persen.  Artinya: pasar memang berharap pertumbuhan ekonomi 1Q2016 memang lebih bagus dari 4Q2015.  Jika bagus ya berarti IHSG masih bisa terselamatkan untuk bulan Mei ini. Jika tidak? Hhmmm… semoga aja bagus deh.

Sentimen ‘sell in may and go away’ kembali terlihat mulai menguat. Saya masih tetap ‘belum kepingin percaya’.

IHSG hati ini diperkirakan bakal bergerak bervariasi pada kisaran sempit 4.805 – 4.835.  Penembusan atas suport atau resisten tersebut bakal menentukan arah trend jangka pendek hingga minggu depan.

Kemarin saya positioning sampai 30% porto. Kalau hari ini ternyata stoplossnya kena.. berarti memang saya harus exit.

Saya mohon maaf atas ketidaknyamanan yang saya timbulkan kemarin. Ketika seseorang menyebut saya dengan kata monyet.. kadang munculnya kemonyetan yang ada dalam diri saya … bisa sedikit mengganggu.  Terutama… kalau yang memonyetkan saya adalah perwakilan dari SRO… perwakilan dari Pemerintah… teman makan siang Jokowi lagi. Hehehe.  Sudah lah. Saya mohon maaf.

Kadang saya hanya bisa mengelus dada sambil bilang: oh.. Jokowi ternyata memang begitu ya? Ah.. nggak ah… saya tidak percaya kalau Jokowi begitu.

Saya kepingin radio silence sampai Senin deh.  Mau istirahat dulu.

Happy trading… semoga barokah!!!
Satrio Utomo

*disclaimer ON

Happy trading

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.