Menanti Bottom dari IHSG…*

44

Selamat Pagi dari PT. Universal Broker Indonesia, 10 Mei 2016

Selamat pagi…

Harga minyak yang bergerak turun, telah membuat Indeks Dow Jones Industrial (DJI) terkoreksi tipis 34,72 poin (-0,20 persen) sehingga ditutup pada level 17.705,91 pada pergerakan semalam. Minimnya sentimen dari pergerakan DJI ini diperkirakan akan membuat bursa saham di kawasan Asia bakal menantikan data inflasi China yang akan dipublikasikan dalam negeri.

Pada pergerakan kemarin, IHSG bergerak melemah dan ditutup dengan signal negatif, setelah gagal bertahan diatas suport pertama di level 4.765. Pasar terlihat mulai bereaksi negatif terhadap angka pertumbuhan GDP 1Q2016 yang dibawah ekspektasi dengan menekan saham-saham perbankan, terutama sebagai antisipasi dari laporan keuangan 1Q2016 BMRI yang hingga kemarin sore belum resmi keluar. Dengan penembusan atas suport 4.765, secara teknikal IHSG membuka peluang untuk melanjutkan koreksi hingga kisaran 4.635 – 4.650.

Dengan sentimen yang cenderung negatif, IHSG pada hari ini diperkirakan bakal bergeral flat-turun dengan suport pertama di level 4.740 dan resisten di 4.785. Kisaran gap di 4.686-4.691 akan menjadi suport kedua. IHSG berada dalam trend turun jangka pendek. Hanya penutupan diatas resisten 4.785 yang bisa mengakhiri trend turun yang tengah berlangsung.

Ide ‘sell in May and go away’ sepertinya memang telah ‘meracuni’ sebagian besar. Ide ini didukung dengan kondisi ekonomi global yang terlihat masih kurang kondusif sehingga trend turun yang berlangsung terlihat cukup kuat. Pemodal sebaiknya mengambil posisi defensif sambil menanti munculnya signal positif. Untuk posisi jangka menengah, sejauh ini kami masih memberikan rekomendasi Buy On Weakness untuk saham-saham sektor konsumer dan telekomunikasi. Pemodal sepertinya masih harus mewaspadai kemungkinan berlanjutnya tekanan pada saham-saham sektor konstruksi, semen, properti, dan kelompok Astra, yang pada perdagangan kemarin terlihat mengalami tekanan yang cukup kuat.

DISCLAIMER: Informasi yang terkandung dalam laporan ini telah disusun dari sumber-sumber yang menurut kami dapat diandalkan. PT Universal Broker Indonesia dan/atau perusahaan afiliasinya dan/atau masing-masing karyawan dan/atau agen penjual tidak menjamin keakurasian dan kelengkapan informasi. Kami tidak bertanggung jawab atas hasil dari transaksi yang dilakukan dengan berdasarkan atas informasi yang ada pada laporan ini. Semua pendapat, prediksi, perkiraan, dan proyeksi yang ada pada laporan ini adalah merupakan pendapat terbaik yang kami buat, berdasarkan informasi yang kami miliki, pada tanggal laporan ini dibuat, dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu dan tidak mengikat.

You might also like More from author

2 Comments

  1. Wadiyo says

    Saya tertarik untuk belajar tentang pasar modal.
    Di mana tempat yang bagus dan biaya-nya terjangkau untuk belajar ya?
    thanks

    1. Satrio Utomo Purnomo says

      Bung Wadiyo…

      Sekarang mah.. sudah banyak yang membuka diri untuk belajar Analisis Fundamental maupun Teknikal. Saya saja juga ada kelas analisis teknikal rutin yang diadakan setiap minggu ketiga setiap bulannya.

      Wassalam,
      Satrio

Leave A Reply

Your email address will not be published.