15.45*

0 1

Selamat sore…

Hang Seng masih saja meluncur turun.  Posisi penutupan masih dibawah suport pertama di 19850.  Dow futs minus, harga minyak turun… semua variabel regional memberikan signal negatif.

IHSG juga sejauh ini running dibawah suport kedua yang berupa kisaran gap 4766 – 4770.  Jika ditutup dibawah suport tersebut, trend jangka pendek IHSG berubah menjadi trend turun.  Jika trend jangka pendek IHSG berubah menjadi turun…

GGRM yang menjadi penopang IHSG belakangan.. posisi dibawah suport.  Asing yang beberapa hari terakhir belanja… hari ini juga net sell cukup besar.  Benar-benar tidak ada satupun yang bilang positif.  Semua bikin signal negatif.

Eh… tapi begini: kalau ternyata S&P mengumumkan hasil ratingnya di hari Senin dan ternyata jadi Investment Grade… gimana coba? Hehehe…

Yang jelas… sore ini saya disiplin saja.  Sejak pagi.. saya sudah mengurangi posisi dalam jumlah besar.  Sore ini posisi saya tinggal sedikit.  Kalau ternyata S&P kasih investment grade hari Senin… So be it.  Ya itu memang nasib saya.  Tapi sore hari ini… saya memilih untuk disiplin.

Hm… IHSG akhirnya juga ditutup dibawah suport gap.  Saya play safe saja.  Anda mau ambil posisi contrarian?

Happy trading… semoga barokah!!!

Satrio Utomo

*disclaimer ON

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.