10.25*

95

Selamat pagi…

Bearish… itu berarti harga turun.  Harga turun… karena orang jualan.

Problemnya sekarang: bagaimana kalau ternyata tidak ada orang yang mau beli? bagaimana kalau bid terlalu sedikit sehingga tidak memungkinkan untuk melakukan posisi jual?

Jawabannya: Ya harga dinaikkan dulu.  Harga dinaikkan dulu sampai orang berpikir bahwa market sudah bullish.. terus disitu mereka jualan lagi.

Saya jadi teringat apa kata Wan Al .. teman saya yang spesialis bandarmologi : Harga itu naik bukan selalu karena harganya bagus.  Harga itu kadang naik karena gak ada orang yang mau beli.

Itu yang terjadi hari ini: Ketika orang percaya bahwa harga akan turun.  Eh.. harga malah naik.  Tapi… naik belum tentu karena kedepan kita akan naik lagi.  Bisa saja… naik karena kedepan mau turun.  Ah.. pusing kepala barbie kan?

Sudahlah… Pagi ini… saya memaksakan diri untuk mengambil posisi contrarian.  Ketika saya yakin harga akan turun… saya malah beli.  Eh.. dari situ malah jadi ada duit.  Akan tetapi, karena ini semua hanya posisi trading…. saya jadi gak berani punya posisi terlalu besar.  Terutama dengan Hang Seng turun sedemikian hebat… saya gak mau ambil resiko terlalu besar.  Terutama juga karena asing masih berada dalam posisi net sell yang konsisten.

So… yang penting ada posisi dulu.  Nanti sore diputuskan apakah mau dilepas atau ditambah.  Tapi sepertinya… angin di bursa regional juga sedang tidak enak.  Saya gak mau mengambil resiko terlalu besar.

Happy trading… semoga barokah!!!

Satrio Utomo

*disclaimer ON

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.