Menanti Kembalinya Trend Naik IHSG…*

80

Selamat Pagi dari PT. Universal Broker Indonesia, 25 Mei 2016

Selamat pagi…

Pada perdagangan kemarin, IHSG gagal bertahan diatas suport pertama 4.714 sebagai akibat dari tekanan jual saham-saham big caps konsumer GGRM, HMSP, dan UNVR pada sesi penutupan. Signal negatif tersebut membuat IHSG pada hari ini setidaknya harus ditutup diatas resisten pertama di level 4.725 untuk bisa kembali ke dalam trend naik.

Peluang untuk kembalinya IHSG ke dalam trend naik terlihat cukup besar, setelah pada pergerakan semalam, indeks Dow Jones Industrial mengalami kenaikan yang cukup tajam, 213,12 poin (+1,22 persen) setelah data-data positif dari sektor perumahan membuat pelaku pasar cukup yakin, bahwa kenaikan suku bunga The Fed, itu memang tidak terhindarkan sebagai akibat dari kondisi ekonomi yang sudah membaik. Kenaikan indeks DJI tersebut, membuat indeks dari bursa di kawasan Asia menguat cukup tajam di pagi hari ini.

Dalam seminggu terakhir, kekhawatiran pasar dalam menghadapi kenaikan suku bunga The Fed terlihat membuat harga saham cenderung terkoreksi. Indeks Dow Jones Industrial (DJI) juga setidaknya sudah 3 kali memberikan false signal (signal positif tapi kemudian diikuti oleh koreksi tajam pada sehari setelahnya). Kondisi ini membuat pelaku pasar setidaknya akan lebih berhati-hati dalam melakukan positioning. Pemodal sebaiknya menunggu confirming signal untuk melakukan akumulasi lebih lanjut. IHSG untuk hari ini setidaknya harus ditutup diatas resisten kedua di 4.750 sebagai signal bahwa trend turun jangka pendek IHSG sudah berakhir.

Semenjak awal minggu, sebenarnya sudah banyak saham-saham yang terlihat mencoba mengakhiri trend turun jangka pendek, dengan memberikan signal postitif. Signal positif tersebut terlihat sudah terlihat merata, pada saham-saham konstruksi, perbankan, pertambangan, dan masih banyak lagi. Akan tetapi, signal positif tersebut sering kali dipukul kembali dengan signal negatif pada hari setelahnya, untuk memperlihatkan bahwa sentimen bearish, memang masih meliputi bursa. Untuk posisi jangka menengah, pemodal memang masih hafus menunggu confirming signal baik dari dalam maupun dari bursa regional.

DISCLAIMER: Informasi yang terkandung dalam laporan ini telah disusun dari sumber-sumber yang menurut kami dapat diandalkan. PT Universal Broker Indonesia dan/atau perusahaan afiliasinya dan/atau masing-masing karyawan dan/atau agenpenjual tidak menjamin keakurasian dan kelengkapan informasi. Kami tidak bertanggung jawab atas hasil dari transaksi yang dilakukan dengan berdasarkan atas informasi yang ada pada laporan ini. Semua pendapat, prediksi, perkiraan, dan proyeksi yang ada pada laporan ini adalah merupakan pendapat terbaik yang kami buat, berdasarkan informasi yang kami miliki, pada tanggal laporan ini dibuat, dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu dan tidak mengikat.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.