#taxamnesti @jokowi : #pepesankosong ?*

87

Selamat pagi…

Terus terang… semenjak awal issue Tax Amnesti dikumandangkan… saya termasuk orang yang apatis.  Mau mau seneng bagaimana? Orang secara nalar sedikit gak masuk akal.  Sekarang begini deh.  Anda semua kan pelaku pasar modal.  Anda sendiri… atau minimal orang-orang di sekitar anda… adalah orang-orang berduit.. yang kebetulan sudah memarkir dananya di luar negeri.  Orang-orang itu sudah terbiasa dengan returun, resiko, produk investasi, yang ada disana.  Mereka juga sudah terbiasa duitnya tersembunyi disana.  Pertanyaannya adalah : Emang mereka mau membawa duitnya balik ke Indonesia? Emang mereka mau mempelihatkan kekayaan mereka?

Saya melihatnya dari kaca mata begini:

  • Pemerintah Jokowi… itu adalah Pemerintah yang giat membangun.  Karena membangun membutuhkan banyak duit, Pemerintah mengeluarkan banyak sekali duit.
  • Akan tetapi, pembangunan yang dilakukan, tentu saja tidak murah.   Pembangunan yang dilakukan… membutuhkan dana besar.
  • Di awal Pemerintahannya… Jokowi kemudian meminjam dana dari China atau dari negara lainnya.  Akan tetapi… duit ini tidak murah.  Duit ini juga tidak terbatas.  Meningkatnya rasio hutang terhadap PDB secara cepat, memaksa Jokowi mencari alternatif pendanaan lain.
  • Kondisi ini semakin terasa, terutama semenjak bulan Maret 2016 kemarin, dimana Pemerintah sebenarnya sudah mulai kehabisan duit untuk melakukan Pembangunan.  Ketika itu, pembebasan lahan untuk jalan tol mulai dihentikan.  Padahal… itu merupakan kosmetik utama dari Pemerintahan Jokowi.
  • Dari situ .. kemudian bergulir issue Tax Amnesti itu.  Pemerintah merasa bahwa mereka bisa ‘manggil’ dana yang selama ini masih diparkir diluar negeri, untuk kembali masuk ke Indonesia.

Ada beberapa hal yang membuat saya merasa bahwa Tax Amnesti itu adalah pepesan kosong.

  • Issue Tax Amnesti bakal masuk ke properti.  Pasar properti … memang sedang sepi.  Sepi karena aturan BI… sepi karena harga tinggi diatas awan (gara-gara kebiasaan dudul ‘mencoret harga untuk menaikkan harga’), dan tidak mau bergerak turun.  Untuk menopang kondisi market yang terancam jatuh ini.. cara paling mudah adalah dengan cara memasukkan issue Tax Amnesti.  Dana asing mau masuk.. dana baru akan masuk.  Itu yang bikin industri bisa berkobar… itu yang membuat kebiasaan dodol mencoret harga tetap bisa dilakukan.  Harga saham properti kemudian terbang naik duluan.  Emang… mereka yang parkir duit diluar negeri itu cukup goblok untuk membeli barang yang harganya sudah ‘digoreng habis’ seperti harga properti?  Hehehe.  Setahu saya.. mereka itu parkir dana di luar negeri karena pintar.  Bukan karena goblok.
  • Issue Tax Amnesti ini melibatkan DPR.  Hadeeeh… DPR gitu loh.  Sudahlah.  Saya ngomong yang lain saja.  Terus terang… nanti kalau ternyata PDIP memberikan perlawanan kepada Jokowi atas issue Tax Amnesti ini… saja juga gak heran.
  • Tetap tidak ada kepastian hukum.  Setelah Tax Amensti .. lantas apa? Gak jelas juga kan? Dasar hukumnya apa? Terus.. kalaupun nanti sudah ada dasar hukumnya.. emang nanti tidak ada perubahan lagi? Sekarang aja harus nunggu DPR.  Mana aspek kepastiannya itu?
  • Ini bulan Mei.  Anda tahu mengapa orang memarkir duit diluar negeri? Sebagian diantaranya… tentu juga karena kerusuhan etnis 1998.  Emang… Pemerintah ada bikin stament untuk meminta maaf atas Kerusuhan 1998??? Nggak ada kan? Pemerintah malah bingung ngurusin PKI.  Taik banget begitu.  Mana mau dana yang lari itu kembali lagi?
  • Tidak ada pernyataan spesifik dari Sandiaga Uno bahwa dia akan merepatriasi ‘sekian’ duitnya yang ada di luar negeri dalam rangka program Tax Amnesti ini.  Hehehe.  Kalau yang Jawir saja (dan punya kepentingan dalam mencari dukungan rakyat dalam pilkada) tidak tertarik dengan Tax Amensti… gimana yang bukan Jawir yak???  Hehehe.  Ndak bakalan deh….

So… buat saya… issue Tax Amesti ini… memang masih terlihat sebagai Pepesan Kosong ala Jokowi.  Pepesan kosong itu memang perlu… buat orang menjadi semangat.  Tapi sebaiknya.. kita tetap realistis.  Saya akan realistis.  Saya hanya akan yakin Tax Amnesti berhasil.. kalau duit itu mulai masuk.  Kalau cuman sekarang… yah.. Tax Amnesti itu cuman wacana.  Tax Amnesti ini kelasnya sama dengan Dana Revolusi yang pas jaman Gus Dur/Megawati dulu sempat digembar-gemborkan.  Dulu tidak ada buktinya kan? Emang sekarang beda?

Happy trading… semoga barokah!!!

Satrio Utomo

 

You might also like More from author

1 Comment

  1. Lucia says

    Wah… betul banget tuh yg Pa Tommy katakan…

Leave A Reply

Your email address will not be published.