15.45*

74

Selamat sore…

Dulu…. lebih dari 10 tahun yang lalu… nasabah senior saya… sering bilang kepada saya:

Wah… Pak Tommy ini jadi olang (beliau memang olang totok yang usianya sudah diatas 80 tahun) halus belani.  Masa dikit-dikit jual… dikit-dikit jual.  Olang asing masih masuk gitu… Pak Tommy jangan sepelti lokalan itu lah…

Well… hehehe… ketika itu.. beliau fight posisi di INKP.. dan setelah itu kalah Rp 2 miliar. Beliau ini yang saya ceritakan di kata pengantar buku saya.

Ini regional bagus… HSI ditutup diatas Resisten kedua… Minyak naik… asing masih net buy.  Kok IHSG turun??

Jawabannya sederhana: banyak saham yang sudah naik 8%-10% dari bottomnya.  Itu yang membuat investor lokal mudah dirangsang untuk profit taking.  Terutama… karena saham-saham perbankan juga sedang di posisi resisten.   Asing beli, lokal jual.  IHSG dibawah suport 4.815.

Pertanyaannya adalah: apakah saya jualan?  Nggak juga.  Saya lah menggunakan kesempatan ini untuk mempersempit porto saya.  Harap maklum saja… porto saya hari-hari ini adalah porto maruk.  Porto yang terdiri dari 6 saham.  Padahal porto saya biasanya… itu cuman 3 – 4 saham.  Bisa 5 saham itu sudah sangat jarang.  Ini porto kok 6 saham.  Bisa diketawain orang-orang yang belajar trading sama saya nanti.  hehehe.

So… saya jelas pegang regional lah.  #cacing2naga2 saja.  Kita lihat besok pagi bagaimana hasilnya.

Happy trading… semoga barokah!!!

Satrio Utomo

*disclaimer ON

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.