Saham, IHSG, Reksadana, Indonesia, Trading, Investasi, Training, Strategy

Pasca S&P Rating, Pemodal Selektif…*

147

Selamat Pagi dari PT. Universal Broker Indonesia, 3 Juni 2016

Selamat pagi…

Belum didapatnya peringkat Investment Grade untuk surat hutang Indonesia, ternyata tidak membuat pemodal asing kemudian melepas posisi dalam jumlah besar. Pada perdagangan kemarin, pemodal asing malah masih melakukan posisi beli dalam jumlah yang cukup signifikan, sebesar Rp 190,03 miliar di pasar reguler. Meskipun demikian, IHSG bergerak turun sebagai akibat dai masih adanya tekanan pada saham-saham sektor perbankan dan konsumer, sebagai akibat dari kegagalan kegagalan Rating Investment Grade tersebut.

Kondisi dari bursa regional sebenarnya terlihat kondusif, setelah indeks Dow Jones Industrial (DJI) semalam berhasil bergerak naik 48,89 poin (+0,27 persen) dengan didorong oleh saham-saham sektor energy. Indeks dari bursa di kawasan Asia pagi ini cenderung bergerak naik sebagai respon atas kenaikan tersebut.

Kekhawatiran akan berlanjutnya tekanan jual pada saham-saham big caps, membuat kami memperkirakan IHSG pada hari ini bakal bergerak bervariasi pada kisaran 4.815 – 4.860. IHSG kemarin ditutup pada level terendah harian. Ditutup turun sedikit saja, IHSG sebenarnya signalnya sudah negatif. IHSG hanya memberikan signal positif untuk pergerakan minggu depan jika berhasil ditutup diatas kisaran resisten 4.860 – 4.875 pada perdagangan hari ini.

Piala Eropa dan Bulan Ramadhan, itu identik dengan pasar yang sepi. Dengan tidak adanya investment grade, pemodal diharapkan lebih selektif dalam melakukan positioning. Sejauh ini, baru sektor komoditas yang menunjukkan trend naik yang cukup kuat. Pemodal sebaiknya menunggu signal positif dari saham-saham sektor yang lain, terutama sektor konsumsi, telekomunikasi, dan jalan tol, yang secara tradisional diuntungkan dengan sentiment hari raya Lebaran.

DISCLAIMER: Informasi yang terkandung dalam laporan ini telah disusun dari sumber-sumber yang menurut kami dapat diandalkan. PT Universal Broker Indonesia dan/atau perusahaan afiliasinya dan/atau masing-masing karyawan dan/atau agenpenjual tidak menjamin keakurasian dan kelengkapan informasi. Kami tidak bertanggung jawab atas hasil dari transaksi yang dilakukan dengan berdasarkan atas informasi yang ada pada laporan ini. Semua pendapat, prediksi, perkiraan, dan proyeksi yang ada pada laporan ini adalah merupakan pendapat terbaik yang kami buat, berdasarkan informasi yang kami miliki, pada tanggal laporan ini dibuat, dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu dan tidak mengikat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.