10.25*

137

Selamat pagi…

Bener-bener parah ini.  Brexit sepertinya kejadian.  Hingga 50% suara masuk…. selisihnya semakin lebar saja.  Kubu ‘Brexit’ masih memimpin dengan angka 51.5 : 48.5.  Sepertinya… harapan untuk Inggis tetap di Euro sudah sangat tipis.

Mari kita kembali ke pertanyaan: Emang pengaruhnya ke Indonesia apa? Emang besar pengaruhnya ke perekonomian Indonesia???

Jawabannya tetap saja: Secar fundamental memang gak ngaruh.

Tapi… hehehe…. kalau bursa global rontok… tetap saja IHSG bakalan kena juga.

Hingga pagi ini… pemodal asing sebenarnya tetap dalam posisi beli… dengan intensitas kurang lebih sama dengan kemarin.  Akan tetapi… pasar memang masih ketakutan akan issue Brexit.  IHSG melanjutkan trend turun yang kemarin sudah muncul.   Sejauh ini…. ada suport di 4.789.  Akan tetapi… konsolidasi sampai 4.740 – 4.750 sebenarnya masih terlihat normal.

Terus… bagaimana dengan posisi kita??

Begini.. ini… melihat apa yang saya pantau di BBC … Referendum Brexit ini akan ketahuan pemenangnya.. kalau ada salah satu pihak yang bisa memperoleh 16.8 juta suara.  Hasil akhir juga bakal sudah kelihatan nanti sekitar jam 13.00.  Artinya: kalau pasar bereaksi negatif terhadap Brexit, panic sellingnya sepertinya nanti di awal sesi 2.  Plus…. besok pagi (kalau ada).  Pasar hanya bisa ditenangkan  kalau sudah ada pernyataan yang menenangkan dari Pemerintah Inggris.

So… pagi ini saya masih cenderung lepas posisi.  Kalaupun ada posisi antri beli.. itu di harga jauh yang sepertinya juga mustahil untuk dapat.

Satu hal yang saya tanamkan di otak saya adalah: sentimen Brexit ini hanya sentimen…. bukan fundamental.  Kalau sentimen… itu nanti berarti reboundnya cepat.  Problemnya: emang bottomnya deket gitu? emang bottomnya dimana?

Itu yang akan kita lihat dalam beberapa hari mendatang.

Happy trading… semoga barokah!!!

Satrio Utomo

*disclaimer ON

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.