Inggris Keluar dari Uni Eropa…*

180

Selamat siang…

Akhirnya resmi sudah: Inggris keluar dari Uni Eropa (EU).  Hasil akhirnya adalah 52:48.  Sebanyak 52 persen rakyat Inggris mendukung Inggris keluar dari EU.  Hanya 48 persen yang mendukung Inggris tetap bertahan.  Hasil yang sangat mengejutkan, karena hingga tadi malam, polling masih menunjukkan bahwa kubu Brexin masih lebih unggul dari kubu Brexit.

Bagaimana pengaruhnya?

Yang jelas… ini semua adalah ketidakpastian baru.  Sentimennya negatif.  Harga emas melejit.  US$ juga bergerak naik.  Semua orang mencari ‘safe heaven’.  Mencari instrumen yang bisa bertahan ditengah market yang tengah menghadapi ketidakpastian baru ini.  Indeks Hang Seng siang hari ini sudah terkoreksi hampir 1000 poin.  IHSG siang ini ditutup dengan koreksi sebesar 2,2 persen.

Akan tetapi… seberapa besar sebenarnya pengaruh dari koreksi ini… sepertinya kita harus melihat pergerakan dari indeks Dow Jones Industrial nanti malam.  Kalau DJI misalnya hanya terkoreksi dibawah 2 persen… bisa jadi besok kita juga sudah mengalami rebound.  Di sisi lain… kalau DJI ternyata bergerak turun menembus suport di 17.471 … hehehe… krisisnya bisa berubah menjadi krisis berkepanjangan.

So…

In term of IHSG… kalau lihat chart terakhir dari IHSG… suport IHSG ada di kisaran 4.740 – 4.750.  Kalau suport itu gagal bertahan, baru IHSG membuka potensi pelemahan lanjutan ke 4.650 – 4.700.

Posisi saya sih… tadi bersih sebelum sesi 1 berakhir setelah ADHI saya laku di 2640.  Saya masih antri-antri beli di ‘harga ajaib’ (harga-harga yang tidak mungkin terjangkau dalam kondisi normal) .. semata-mata hanya untuk posisi trading.  Kita lihat nanti sore deh kondisinya seperti apa.

Keluarnya Inggris dari EU.. itu bukan hal yang ‘fundamental’ bagi market kita.  Pengaruhnya hanya pengaruh ‘sentimen’.  Problemnya: seberapa besar kerusakan yang terjadi, masih belum bisa dipastikan saat ini.  Mungkin baru minggu depan, semua bisa terlihat, ketika orang sudah mulai bisa berpikir secara rasional.

Happy trading… semoga barokah!!!

Satrio Utomo

*disclaimer ON

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.