10.25*

70

Selamat pagi…

Memang… pengaruh langsung Brexit terhadap perekonomian Indonesia… sebenarnya memang minim.  Pengaruh terbesarnya hanyalah sentimen, karena Brexit ini memang memberikan tekanan pada pergerakan bursa global… dan koreksi pada bursa global bakal memberikan tekanan pada pergerakan IHSG.

Akan tetapi… tekanan ini hanya akan ‘terasa’ .. apabila pemodal asing melakukan tekanan jual.  Padahal.. hingga hari ini… hingga hari kedua pasar buka setelah hasil Brexit… posisi net sell dari pemodal asing di pasar reguler hanya berlangsung mini.  Pagi ini saja.. hingga jam 10.14.. netsell asing di pasar reguler hanya Rp 34,3 miliar.  Dengan perkiraan tekanan jual hingga nanti sore hanya berada dalam kisaran Rp 200M – Rp 300M… pengaruh sentimen negatif Brexit pada ini sepertinya tidak akan besar… setidaknya untuk perdagangan sesi pertama.

So… Hari ini… saya sebenarnya lebih cenderung wait and see.  Kalaupun ada posisi, itu hanya posisi kecil, posisi trading… sambil melihat perkembangan dari bursa global.  Dari dalam negeri sebenarnya tidak terlihat ada sentimen negatif yang besar, kecuali jika perundingan RUU Tax Amnesti di DPR tiba-tiba gagal total.  Yah.. memang sih… saya juga gak optimis mengenai kemampuan DPR untuk mengerjakan RUU secara cepat menjelang libur lebaran begini.  Tapi… kita lihat  sampai nanti sore deh… siapa tahu ada signal positif.

Weleh.. tapi ini resisten indeks pada tinggi-tinggi ya? Sepertinya saya harus cari resisten di masing-masing saham aja deh.

Happy trading… semoga barokah!!!

Satrio Utomo

*disclaimer ON

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.