10.25*

4

Selamat pagi…

Masalahnya memang aliran dana asing yang sejak sebelum puasa banyak masuk, sudah dua hari ini terlihat menurun drastis.  Setelah kemarin tercatat sebesar Rp 337,05M… pagi ini, hingga jam 10.23.. tercatat hanya sebesar Rp 115M.  Dengan perkiraan aliran dana asing di reguler hanya kurang lebih sama dengan kemarin, IHSG bisa ditutup naik saya sudah terlihat bagus.

Padahal, setelah kemarin IHSG ditutup dengan signal negatif menembus suport di 5.090, IHSG pada hari ini setidaknya harus ditutup diatas resisten di level 5.110 untuk bisa mengembalikan IHSG diatas trend naiknya.  Dengan aliran dana asing yang minim ini, sepertinya perlu perjuangan bagi IHSG untuk bisa ditutup diatas level tersebut, meski hingga pagi harii ni, terlihat running pada level 5.120an.

Bursa regional sih masih terlihat bagus.  Dengan GDP 2Q2016 China diatas ekspektasi, (6,7 vs est 6,6), harusnya tidak ada masalah dari bursa regional hingga sore hari nanti.

So… kemarin saya kebanyakan beli.  Gara-gara kemarin sore banyak saham dibanting, posisi saya jadi terlalu agresif.  Padahal.. gara-gara bantingan itu… banyak saham yang kemudian ditutup dibawah suport pertamanya.  Posisi yang saya ambil, menjadi posisi contrarian.  Itu sebabnya, pada hari ini, saya sebenarnya cenderung mengurangi posisi.  Sebagian masih jadi cacing… sebagian sudah menjadi naga.

Hingga sore nanti… saya hanya melihat apakah IHSG bisa kembali diatas 5110.. apakah harga saham bisa menembus resisten yang dibentuk kemarin.  Kalau gak bisa kembali ke dalam trend naik, berarti memang saya harus mengurangi posisi lebih banyak lagi.

Happy trading… semoga barokah!!!

Satrio Utomo

*disclaimer ON

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.