15.45*

10

Selamat sore…

Masalahnya kan gini:

160803 Signal bearish palsu di IHSG

Lima (5) signal bearish terakhir pada IHSG… semuanya adalah palsu.  Hehehe.

Nah sekarang… hari ini.. IHSG runningdibawah suport lagi.  Apakah kalau IHSG hari ini muncul signal bearish, signal tersebut bakalan palsu lagi?

Pada hari ini.. IHSG memiliki suport pertama di level 5.356.  Kalau ditutup dibawah level itu… IHSG bakal memberikan signal negatif.  Pertanyaannya kan begini: dengan signal palsu sebanyak itu… apakah tidak lebih baik kita melawan saja? melakukan posisi contrarian? melakukan posisi beli ketika signal bearish muncul?

Setelah beberapa kali ambil posisi contrarian… sore hari ini saya memilih untuk ‘mengikuti’.  Artinya: saya bersih-bersih porto… berharap nanti diberi kesempatan baibek di harga yang lebih bagus.

Kondisinya memang agak berbeda.  Pada beberapa signal negatif sebelumnya, net buy asing masih besar.  Hari ini.. net buy asing turun drastis.  Memang tidak net sell.  Tapi… dengan penurunan drastis dari aliran dana asing ini… kita perlu curiga apakah ini memang akhir dari trend jangka pendek IHSG.

Eh.. tapi.. sepertinya ada peluang topnya hari Jumat ya? Ketika data GDP dipublikasikan.  Masa iya? Hehehe….

Sore ini… saya hanya memasang posisi beli di harga yang mustahil.  Barangkali ada ‘bantingan’ … disitu baru saya bisa punya posisi.  Kalau enggak… ya berarti posisi saya kembali minim.

IHSG… kalaupun konsolidasi.. gak bisa banyak koreksinya.. gak bisa turun dalem.  Tapi saya gak mau hold posisi ketika trend berubah menjadi turun.

Happy trading… semoga barokah!!!

Satrio Utomo

*disclaimer ON 

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.