Menunggu Munculnya Sentimen Baru…*

94

Selamat Pagi dari PT. Universal Broker Indonesia, 2 September 2016

Selamat pagi…

Awal bulan, sering kali menjadi awal dari sebuah trend yang baru. Pelaku pasar harus memutuskan, apakah akan melanjutkan trend yang terjadi di bulan lalu, atau kemudian membuat trend baru, yang berlawanan dengan yang ada pada bulan sebelumnya. Di awal bulan September ini, setelah bulan Agustus kemarin yang digadang-gadang akan ada koreksi ternyata tidak terjadi, pasar terlihat masih belum bisa memutuskan, karena sentimen dari dalam dan luar negeri terlihat minim.

Data inflasi yang dipublikasikan oleh BPS kemarin, sebenarnya memiliki sentimen positif, setelah inflasi bulanan di bulan Agustus tercatat mengalami deflasi tipis 0,1 persen, diluar perkiraan konsensus yang memperkiranan tetap akan ada inflasi sebesar 0,1 persen. Akan tetapi, sentimen positif ini, sepertinya sulit tercermin pada pergerakan harga, karena pelaku pasar berharap sentimen yang lebih besar.

IHSG pada hari ini diperkirakan bakal bergerak bervariasi pada kisaran 5.295 – 5.355. IHSG sedang berada dalam trend turun jangka pendek. Hanya penutupan diatas 5.355 yang bisa mengakhiri trend turun yang tengah berlangsung.

Penembusan atas suport di level psikologis 5.400 yang terjadi beberapa hari yang lalu, sebenarnya tidak terlalu bagus karena telah membuka potensi koreksi teknikal bagi IHSG hingga kisaran 5.150 – 5.200, atau setidaknya untuk menguji level psikologis 5.300. Pemodal sebaiknya tetap berada dalam posisi trading dan hanya melakukan posisi buy on hold atas posisi jangka menengah jika terdapat tanda bahwa trend turun jangka pendek pada IHSG sudah akan berakhir.

DISCLAIMER: Informasi yang terkandung dalam laporan ini telah disusun dari sumber-sumber yang menurut kami dapat diandalkan. PT Universal Broker Indonesia dan/atau perusahaan afiliasinya dan/atau masing-masing karyawan dan/atau agen penjual tidak menjamin keakurasian dan kelengkapan informasi. Kami tidak bertanggung jawab atas hasil dari transaksi yang dilakukan dengan berdasarkan atas informasi yang ada pada laporan ini. Semua pendapat, prediksi, perkiraan, dan proyeksi yang ada pada laporan ini adalah merupakan pendapat terbaik yang kami buat, berdasarkan informasi yang kami miliki, pada tanggal laporan ini dibuat, dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu dan tidak mengikat.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.