Menanti Berakhirnya Trend Turun…

44

Selamat Pagi dari PT. Universal Broker Indonesia, 15 September 2016

Selamat pagi…

Pada perdagangan kemarin, tekanan jual dari pemodal asing di pasar regular terlihat mulai memasuki level ‘berbahaya’ setelah tercatat sebesar Rp 1,01 trilyun, terbesar semenjak awal tahun 2016 lalu. IHSG bergerak turun, mendekati level 5.120 yang merupakan support kuat untuk jangka pendek.

Pada hari ini, sentiment perdagangan sebenarnya terlihat cukup bagus, dengan didukung oleh berita-berita dari dalam negeri, dan bursa regional yang terlihat hanya bergerak mendatar. Dari dalam negeri, kenaikan angka penjualan mobil untuk bulan Agustus sebesar 6,3 persen jika dibandingkan periode yang sama di tahun lalu, masih ditambah dengan pelaku pasar yang berspekulasi akan adanya stimulus dari Pemerintah atau Bank Indonesia, terkait kenaikan suku bunga yang akan dilakukan oleh The Fed.

IHSG diperkirakan bergerak bervariasi pada kisaran 5.120 – 5.170. Trend turun jangka pendek IHSG hanya berakhir jika IHSG mampu ditutup diatas resisten pertama di level 5.170.

Secara teknikal, kami melihat kisaran 5.120 – 5.180 berpeluang untuk menjadi support yang kuat bagi pergerakan IHSG jangka pendek. Meskipun demikian, dengan potensi koreksi yang masih ada di saham-saham lapis pertama, sepertinya kami tidak terlalu yakin bahwa support tersebut bisa bertahan. Untuk akumulasi jangka menengah, sebaiknya dilakukan setelah melihat adanya signal positif, baik pada indeks regional, maupun dari IHSG atau harga saham sendiri. Pemodal sebaiknya tetap dalam posisi trading, sampai terdapat signal bahwa trend turun jangka pendek IHSG sudah berakhir.

DISCLAIMER: Informasi yang terkandung dalam laporan ini telah disusun dari sumber-sumber yang menurut kami dapat diandalkan. PT Universal Broker Indonesia dan/atau perusahaan afiliasinya dan/atau masing-masing karyawan dan/atau agenpenjual tidak menjamin keakurasian dan kelengkapan informasi. Kami tidak bertanggung jawab atas hasil dari transaksi yang dilakukan dengan berdasarkan atas informasi yang ada pada laporan ini. Semua pendapat, prediksi, perkiraan, dan proyeksi yang ada pada laporan ini adalah merupakan pendapat terbaik yang kami buat, berdasarkan informasi yang kami miliki, pada tanggal laporan ini dibuat, dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu dan tidak mengikat.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.