10.25 : Deutsche Bank*

83

Selamat pagi…

Seberapa besar sih Deutsche Bank itu? Kalau anda melihat Ranking Bank berdasarkan Total Aset di Wikipedia… kalau dari sisi total aset… Deutsche Bank adalah bank terbesar nomor 11 dunia. Pada daftar yang lain juga didapat bahwa Deutsche Bank adalah terbesar ke 4 di Eropa.  Besar?

Kita coba lihat dari sisi yang lain: Kalau kita menggunakan data masa lalu… kalau dilihat dari ranking berdasarkan total yang dipublikasikan tahun 2007… Lehman Broters itu ada di ranking 42… sedangkan Deutsche Bank ini ranking 9.    Jadi… kalau bank ini sampai kenapa-kenapa… kira-kira.. guncangannya apakah lebih besar dari Lehman Brothers?  Saya pikir sih iya.

Masalahnya sebenarnya ada di Pengadilan Federal Amerika.  Itu… produk CDO yang menjadi awal dari subprime mortgage… yang memperkenalkan kan orang-orang Amerika juga.  Pengguna terbesarnya juga di Amerika.  Bank di Eropa hanya ikut-ikutan.  Ketika Krisis terjadi… Bank di Amerika collaps… Bank-bank di yang Eropa ikut-ikutan dan memberikan rugi… kemudian mereka menuntut… memberikan denda.  Hehehe… lucu banget.  Ini ibarat ada orang ngantri paling belakang di kedai kopi… disuruh maju kedepan untuk diberi kopi.. ternyata kopinya yang ngasih si Jessica.  Mana dikasi sianida lagi! Hadeeeh… rasanya gimana gitu… 😀

Tapi… ya sudah gimana lagi.  Orang modelnya begitu.  Setidaknya.. DJI semalam signalnya jelek.  HSI  juga siang hari ini running dibawah suport pertama.  Semua terlihat jelek… hanya market kita.. IHSG yang bisa bertahan.

IHSG bertahan karena sentimen dalam negeri dari keberhasilan Tax Amnesti memang sangat kuat.  Pemodal asing masih dalam posisi net buy di reguler dalam jumlah yang cukup besar, Rp 152 miliar hingga jam 11.09 ini.  Asing masih beli.. IHSG jadi gak bisa turun dalam.

Eh.. tapi jangan salah.  Saham-saham yang pemainnya asing asli… terlihat masih mengalami tekanan jual.  Lihat saja itu ASII.. UNTR.  INTP juga gak bisa bergerak naik… padahal ini saham kemarin dihajar kiri ketika closing session.  Yang bisa selamat… sepertinya tinggal saham-saham yang pemainnya aseng.. asing palsu.  Selama anda hanya bermain pada saham aseng… sejauh ini … issue DB tidak terlihat ada pengaruhnya.

So… IHSG kemarin close di low.  IHSG hari ini ditutup turun sedikit saja.. signal IHSG juga sudah tidak terlalu bagus.  Hari ini saya bersih-bersih porto.  Terutama kalau hari ini IHSG ditutup turun… mendingan saya full cash dulu.  Masalah DB ini terlalu besar.  Saya memilih untuk bermain aman… terutama karena saham-saham mainan saya adalah saham-saham mainan asing.

Happy trading… semoga barokah!!!

Satrio Utomo

*disclaimer ON

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.