Prahara Deutsche Bank…*

77

Selamat Pagi dari PT. Universal Broker Indonesia, 30 September 2016.

Selamat pagi…

Masalah denda sebesar US$14 miliar yang dikenakan kepada Deutsche Bank, sebuah bank yang merupakan bank terbesar ke 4 di Eropa dan ke 11 di dunia, oleh Pengadilan Federal Amerika Serikat terkait berbagai produk yang ada pada Krisis Subprime Mortgage 2008 lalu, sebenarnya adalah berita yang sudah muncul pada tanggal 16 September 2016 lalu, sudah hampir 2 minggu berlalu. Akan tetapi, kekhawatiran bahwa bank ini tidak memiliki dana yang cukup untuk membayar denda tersebut sehingga terpaksa membuat pemilik sahamnya menyetor modal atau bahkan bisa memicu krisis seperti tahun 1998, telah membuat indeks Dow Jones Industrial semalam terkoreksi cukup dalam, 195,79 poin (-1,07 persen) sehingga ditutup pada level 18.143,45, dibawah support pertama di level 18.175. Indeks dari bursa di kawasan Asia pagi hari ini cenderung bergerak turun dengan koreksi lebih dari 1 persen.

Sentimen negatif dari bursa global ini diperkirakan bakal memberikan tekanan pada pergerakan IHSG pada hari ini. IHSG pada pergerakan kemarin saja, sebenarnya signalnya sudah tidak terlalu bagus karena ditutup pada level terendah pada kisaran harian. Pada hari ini, IHSG bakal bergerak flat turun pada kisaran 5.385 – 5.475. Jika support di level 5.385 gagal bertahan, level 5.295 akan menjadi support penting untuk trend jangka menengah bagi pergerakan IHSG.

Dari dalam negeri, sentimen sebenarnya cenderung positif dari keberhasilan program Tax Amnesti yang dilakukan oleh Pemerintah. Meskipun demikian, ketidakpastian dari masalah Deutsche Bank ini, sebaiknya membuat pemodal berhati-hati karena pengaruhnya sepertinya tidak bisa kita anggap remeh.

DISCLAIMER: Informasi yang terkandung dalam laporan ini telah disusun dari sumber-sumber yang menurut kami dapat diandalkan. PT Universal Broker Indonesia dan/atau perusahaan afiliasinya dan/atau masing-masing karyawan dan/atau agenpenjual tidak menjamin keakurasian dan kelengkapan informasi. Kami tidak bertanggung jawab atas hasil dari transaksi yang dilakukan dengan berdasarkan atas informasi yang ada pada laporan ini. Semua pendapat, prediksi, perkiraan, dan proyeksi yang ada pada laporan ini adalah merupakan pendapat terbaik yang kami buat, berdasarkan informasi yang kami miliki, pada tanggal laporan ini dibuat, dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu dan tidak mengikat.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.