10.25*

26

Selamat pagi…

Resisten IHSG di 5.470.. ternyata kuat juga.  Setelah melakukan usaha keempat untuk melakukan penembusan, hari ini IHSG running jauh banget dibawah suport pertama di 5.460.

Kegagalan penembusan ini…ditemani oleh beberapa berita negatif yang mendampingi.  Yang pertama: Dow semalam signal negatif, karena QE Eropa sepertinya bakal dikurangi lebih cepat.  Aneh ini sebenarnya.  Kalau QE berakhir lebih cepat.. kan berarti.kondisi ekonomi sudah membaik.  Eh.. tapi.. berakhirnya QE juga berarti berakhirnya pompaan likuiditas ke dalam pasar.  Ini yang bisa bikin harga bergerak turun. Ini bisa dilihat dari penyebab kedua penurunan hari ini, yang berupa posisi dari pemodal asing di pasar reguler,  yang hari ini berada dalam posisi jual. Meski jumlahnya tidak besar, hingga jam 11.22 ini baru Rp 118 miliar, tapi karena net sell hari ini sepertinya bakal lebih besar dari net buy kemarin, pembalikan arah ini yang membuat saya sedikit galau: apa bener ini trend naik sudah kelar? Masa sih wave 5nya truncated sehingga hanya berakhir di resisten 5.470 ini tanpa ada ada pencetakan rekor?

So… saya sih .. kemarin sore ambil posisi contrarian di INCO.  Hari ini saya ‘kena’ akibatnya.  Untuk posisi saya yang lain.. saya mau lihat regional sore hari ini deh.  Dow memang signal negatifnya yang terakhir.. ternyata hanya nipu.  Kalau regional Asia sore ini signalnya juga negatif, berarti saya akan bersih-bersih posisi.

Happy trading.. semoga barokah!!!

Satrio Utomo

*disclaimer ON

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.