10.25*

0 1

Selamat pagi…

Harga komoditas… sebenarnya pagi hari ini hanya bergerak mendatar.  Harga dari saham-saham komodits.. juga terlihat masih dalam trend naik.  Masalahnya: saham-saham komoditas, bukanlah penggerak utama pergerakan IHSG.

Pasar terlihat tegang menunggu pengumuman kinerja perbankan, setelah head line dari Kontan memberitakan bahwa pertumbuhan kredit perbankan terlihat cenderung melemah.  Saham-saham perbankan pagi hari ini running dibawah suport.  Tekanan pada saham-saham perbankan ini, sempat membuat IHSG running dibawah suport pertama di level 5.480, meski hanya sebentar.  IHS Gbakal memberikan signal negatif jika suport tersebut gagal bertahan.

Aliran dana asing juga masih tetap dalam posisi net sell di pasar reguler.  Hingga jam 10.30 ini.. net sell asing di pasar reguler sudah mencapai Rp 91M… hanya sedikit dibawah posisi net sell asing kemarin, yang mencapai RP 119,74 miliar.

Problemnya ada di bursa regional.  Bukan dari bursa saham karena indeks dari bursa saham pagi hari ini terlihat cenderung flat.  Problem ada pada pada nilai tukar poundsterling yang tadi pagi meluncur turun, setelah proses PM Inggris menginisiasi keluarnya Inggris dari Zona Euro (Brexit).

So… pagi hari ini… saya memilih untuk hold posisi.  Saham-saham sektor CPO memang terlihat sudah mulai memunculkan signal positif.  Akan tetapi.. saya masih terus melihat perkembangan dari bursa regional dan juga IHSG.. mungkin hingga nanti sore.  Jika Signal dari IHSG masih negatif, sepertinya saya akan menepi dulu.  Khawatir terjebak dalam trend turun IHSG yang saat ini sedang berlangsung.

Happy trading… semoga barokah!!!

Satrio Utomo

*disclaimer ON

 

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.