15.45*

0 0

Selamat sore…

Hang Seng ditutup tipis dibawah suport.  Regional signalnya jelek.

Dow semalam signalnya gak jelas.  Tapi… seingat saya … setidaknya Dow sudah dua kali terkoreksi gara-gara masalah di Eropa.  Market di sono juga sedang tidak pede.

IHSG? Suportnya di 5.403.  Kalau gagal bertahan.. IHSG bisa ada double top kecil dengan target di 5.330-5.340.  Kecil sih.. tapi itu berarti IHSG masih bisa turun.  IHSG turun karena kekhawatiran kinerja perbankan.  Saham-saham perbankan, sore ini pada dibawah suport semua.

Harga komoditas masih bagus.  Minyak, nickel, CPO naik semua.

Sekarang begini: main saham.. kan beli saham.. emang main saham beli IHSG? emang IHSG bisa dibelijualkan? Yang kasih untung kan harga saham… bukan IHSG.  Artinya: kalau memang mau hold posisi di saham-saham komoditas.. ya jelas masih sah-sah saja.

Akan tetapi.. kalau IHSG kemudian double top.  Itu double top IHSG gak cuman satu loh.  Ketika resisten 5.475 ini gagal ditembus.. setidaknya ada 2 lagi potensi (ingat ya.. baru potensi) double top dengan target terburuk di level 3.000.

Eh… 3000? emang ekonomi kita sedang menuju kehancuran sehingga target IHSG serendah itu?

Hehehe.. gak mungkin banget.  Tapi setidaknya… kalau IHSG ditutup dibawah 5.400 ini… saya mau play safe.  Saya berusaha untuk clear out posisi.

So… kalau saya beli.. saya mau belinya hari Senin saja.  Sore ini saya hanya mau punya posisi kalau harga bantingan bawah.  Kalau enggak…. saya full cash saja… karena kalau IHSG ditutup dibawah 5.400.. IHSG masih bisa turun.

Happy trading… semoga barokah!!!

Satrio Utomo

*disclaimer ON

 

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.