Tekanan dari Harga Komoditas…*

53

Selamat Pagi dari PT. Universal Broker Indonesia, 21 Oktober 2016

Selamat pagi…

Pada perdagangang semalam, harga minyak WTI (West Texas Intermediate) akhirnya mengakhiri pergerakan dengan penurunan yang cukup tajam, US$1,17 per barrel (-2,27 persen) sehingga ditutup pada level US$50,43 per barrel. Koreksi ini membuat indeks Dow Jones Indutrial (DJI) gagal untuk bersinar ditengah debat Presiden US yang kembali dimenangkan oleh Hillary Clinton. Indeks Dow Jones Industrial (DJI) semalam akhirnya mengakhiri pergerakan dengan penurunan tipis sebesar 40,27 poin (-0,22 persen) di level 18.162,35.

Penurunan pada harga minyak WTI tersebut diperkirakan bakal terus memberikan tekanan pada saham-saham sektor pertambangan, terutama pertambangan batubara, yang pada beberapa waktu terakhir menjadi penggerak utama sentimen perdagangan di lantai Bursa Efek Indonesia. IHSG pada hari ini diperkirakan bakal bergerak bervariasi pada kisaran sempit 5.380 – 5.425. IHGS sedang berada dalam trend turun jangka pendek. Hanya penutupan diatas resisten 5.425 yang bisa mengakhiri trend turun jangka pendek tersebut.

Kemarin, Bank Indonesia mengumumkan penurunan suku bunga acuan. Bukannya bergerak naik, saham-saham perbankan seperti BMRI dan BBCA malah kemudian ditutup dibawah suport pertamanya. Dengan bank-bank utama bergerak dalam trend turun menjelang pengumuman kinerja 3Q2016 yang akan mereka lakukan, pemodal sebaiknya lebih berhati-hati dalam melakukan positioning. Terutama juga karena saham-saham komoditas batubara, sepertinya juga kehabisaan tenaga sebagai akibat dari harga komoditasa yang belakangan cenderung bergerak stagnan.

Pemodal sebaiknya hanya berada dalam posisi trading, sehingga terlihat adanya signal positif baik dari individual saham maupun dari pasar secara keseluruhan atau IHSG.

DISCLAIMER: Informasi yang terkandung dalam laporan ini telah disusun dari sumber-sumber yang menurut kami dapat diandalkan. PT Universal Broker Indonesia dan/atau perusahaan afiliasinya dan/atau masing-masing karyawan dan/atau agen penjual tidak menjamin keakurasian dan kelengkapan informasi. Kami tidak bertanggung jawab atas hasil dari transaksi yang dilakukan dengan berdasarkan atas informasi yang ada pada laporan ini. Semua pendapat, prediksi, perkiraan, dan proyeksi yang ada pada laporan ini adalah merupakan pendapat terbaik yang kami buat, berdasarkan informasi yang kami miliki, pada tanggal laporan ini dibuat, dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu dan tidak mengikat.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.