15.45*

1 30

Selamat sore…

Saya itu… tidak suka kalau marketnya tidak rasional.   Salah satu pemicu ketidakrasionalan pasar… adalah rasa takut.  Itu sebabnya… kalau anda lihat wall FB saya… saya benar-benar berusaha untuk menghilangkan rasa takut dari siapa juga yang membacanya.  Hadeeeehh.. itu sebenarnya mau pencitraan saja kok sampai segitunya.  Sampai Lebaran Kuda juga gak bakal menang deh… kalau otaknya cuman sampai segitu.

Tapi… apa mau dikata : pasarnya sudah takut.



Net sell asing sebenarnya tidak besar… cuman sekitar Rp 535M hingga sore hari ini.  Tapi.. IHSG sudah dibawah suport ketiga atau keempat ini.. di 5350.  Masalahnya memang gak ada yang positif : Hang Seng jelek, minyak turun… serasa gak ada harapan.

Sudah marketnya takut… market variabelnya jelek.  Ya begini ini.

Posisi saya sih tetap minim.  Tadi saya mencoba menangkap PTBA dibawah 12500..  tapi gagal.   Ya sudah.  Mau cut loss kok posisinya cuman kecil…. saya cari jalan keluar saja deh.  Toh harga batubara turunnya juga baru sehari.  Masih jauh dari posisi sehari sebelumnya lagi.  Belum reversal.

IHSG? Itu ada head and shoulder atau triangle dengan suport di sekitar 5.370.  Kalau tembus… (which is sepertinya iya)… targetnya bisa ke 5.200 – 5.250.  Saya nggak nakut-nakutin… tapi memang marketnya takut.  Anda coba gambar sendiri deh.  Pasti mudah itu menemukan triangle atau head and shoudernya.



So… saya holding posisi kecil.  Kalaupun PTBA close di 12000.. ya berarti saya full cash.  Kalau market besok turun… saya mau belanja.  Kapan  lagi bisa dapet harga murah?

Haruskah saya berterima kasih kepada SBY?

Saya mau nyanyi aja deh… hehehehe… sapa tau bisa bikin album.

Happy trading… semoga barokah!!!

Satrio Utomo

*disclaimer ON

You might also like More from author

1 Comment

  1. Vicky Laurentina says

    Saya juga nungguin $PTBA turun, Pak. Saya malah menunggu harganya maksimal 12075.

    *grin*

Leave A Reply

Your email address will not be published.