#menolaktakut …*

62

Selamat petang…

Beberapa waktu yang lalu…. sehari sebelum Pilpres Amerika Serikat … seorang wartawan bertanya kepada saya : Pak… bagaimana kalau Pilpres AS ini ternyata Trump yang menang? Pada pertanyaan pertama… saya ngeles-ngeles.  Inti dari jawaban saya : ndak ah… nggak mungkin Donald Trump menang.  Wartawan ini pintar.  Dia berputar-putar… terus mengeluarkan pertanyaan kedua : Pak… bagaimana kalau Pilres AS ini ternyata Donald Trump yang menang? Saya masih tetap pada strategi yang sama : ngeles-ngeles-ngeles.. sambil memberikan jawaban yang kurang lebih sama.  Wartawan ini … memang pintar.  Minimal dia ‘persisten’ deh… tidak kenal menyerah.. (memang itu ciri-ciri wartawan yang bagus ya? hehehe).  Dia muter-muter-muter lagi… terus kemudian bertanya lagi : Pak… bagaimana kalau Pilpres AS ini ternyata Donald Trump yang menang? Saya bete.  Terus dengan nada sedikit tinggi… saya menjawab: Mbak/Mas… Rakyat Amerika itu rasional.  Mana mungkin rasis.. facist .. dodol begitu mereka pilih menjadi Presiden?  Bisa kiamat ini dunia! Ada apa dikit… dia nuklir… ada apa-apa dikit.. dia nuklir.  Kelar kali dunianya?

9 November 2016 Amerika melakukan Pilpres.  Donald Trump pemenangnya.

Hehehehe……

Saya gak akan bahas hal itu lebih jauh deh.   Saya tahu saya salah.  Ternyata Tuhan memiliki rahasia yang tidak saya ketahui.

Akan tetapi… itulah realitanya : Donald Trump menang Pilpres AS… Donald Trump menjadi Presiden AS.

Yang terjadi kemudian… pada tanggal 9 November itu IHSG turun agak dalem…

Eh.. ternyata Dow malamnya tidak turun.. 10 November market rebound.  Mungkin karena hari Pahlawan kali ya? Marketnya jadi agak

11 November… Market Asia ketakutan lagi.. Emergin market ketakutan lagi.  Maklum saja… ketika masa kampanye Pilpres kemarin… Trump kan sempat saling serang dengan Yellen.  Trump menuduh The Fed (dalam hal ini Yellen) menggunakan dirinya sebagai alat politik dari Demokrat, terlalu memanjakan pasar modal dengan suku bunga yang murah.  Trump mengancam Yellen… untuk menaikkan suku bunga lebih cepat, atau Trump akan mengganti Yellen.

Trump baru akan diangkat menjadi Presiden pada tanggal 20 Januari.  Yellen memang dijadwalkan akan menaikkan suku bunga pada tanggal 14 Desember.

Jadi… Yellen tidak akan menaikkan suku bunga berlebihan ada tanggal 14 Desember nanti.  Tapi.. setelah Trump nanti jadi Presiden… bagaimana? Akankah dia mengganti Yellen seperti yang dijanjikan?

Market Asia gak suka gambaran itu… Emerging market tidak suka gambaran itu.  Karena ada ketidakpastian itu… IHSG jatuh… indeks dari bursa di emerging market terkoreksi.

Eh… tapi… saya gak akan membahas mengenai hal itu.  Diluar sono… banyak pihak yang lebih kompeten dari saya untuk menjawab hal itu.  Cuman… pada beberapa tulisan kedepan… saya akan mencoba membantu Anda .. memberikan gambaran… memberikan jawaban atas pertanyaan:  kemana arah market kedepan?? kemana arah IHSG kedepan??  setidaknya secara teknikal… ilmu yang saya miliki.

Silakan ikuti beberapa tulisan saya berikut ini…

Happy trading… semoga barokah!!!

Satrio Utomo

*disclaimer ON

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.