#IHSG #AkhirTahun2016 : Ini loh… cerita horornya… (Part 1)*

53

Selamat pagi…

Pertama-tama… tolong ini jangan disimpulkan : Wah… Pak Tommy bilang kalau IHSG bisa 3000!!!  Plis… jangan disimpulkan seperti itu.  Salah satu dari skenario terburuk koreksi IHSG… adalah koreksi dengan potensi koreksi hingga kisaraan 2.900 – 3.000.  Akan tetapi… koreksi yang sekiranya wajar.

Untuk potensi koreksi jangka pendek – menengah yang saya pakai, saya hanya menggunakan price pattern (pola pergerakan harga) yang sederhana: Double Top.  Saat ini ada beberapa double top yang muncul pada pergerakan IHSG.  Beberapa double top sudah tembus midpointnya … yang membuat target dari double top tersebut sudah ‘feasible’.  Akan tetapi, beberapa masih belum tembus midpointnya sehingga targetnya belum benar-benar ‘feasible’

Price Pattern yang pertama adalah : Double top dengan target di kisaran 5.130 – 5.185.

Ini sebenarnya adalah dua buah double top yang berdiri bersebelahan.  Jika kita lihat gambarnya dibawah… konsolidasi yang berlangsung semenjak September hingga November ini.. IHSG terlihat kesulitan menembus kisaran resisten 5.482.

161113-double-top-ihsg-kecil

Kuatnya resisten ini (titik tertinggi 1 dan 2) memunculkan adanya dua kemungkinan double top.  Double top yang pertama dengan midpoin M berwarna biru, memiliki target pada level 5.185.  Double top yang kedua dengan midpoint berwarna merah… memiliki target di level 5.135.  Koreksi yang berlangsung pada tanggal 11 November kemarin… telah menembus kedua suport level tersebut.  Jadi… target jangka pendek ‘yang berprobabilitas besar’ untuk IHSG adalah hingga kisaran 5.135 – 5.185.  Ini target yang saat ini saya pegang untuk jangka pendek.

Stoplossnya?  Resisten dari pergerakan IHSG di hari Jumat lalu ada di level 5.305.  Jika IHSG kembali naik dan ditutup diatas resisten itu, bisa saja target itu batal.  Toh penembusan suport M biru kemarin… besoknya naik lagi… false break.  Kalau koreksi kemarin ternyata false break juga… saya tidak terlalu heran.

Lantas… target berikutnya bagaimana?  Mana target IHSG 3000nya?

Harap sabar ya… hari ini saya harus mengantar anak ke beberapa tempat.  Nanti saya bikin kalau ‘pekerjaan saya’ sudah kelar.

Happy trading… semoga barokah!!!

Satrio Utomo

*disclaimer ON

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.