Tekanan terhadap Emerging Market Masih Berlanjut…*

18

Selamat Pagi dari PT. Universal Broker Indonesia, 14 November 2016

Selamat pagi…

Kekhawatiran yang meliputi emerging market bahwa The Fed akan menaikkan suku bunga dengan lebih agresif pasca Donald Trump menjadi Presiden Terpilih dalah Pemilihan Presiden minggu lalu, telah membuat IHSG terkoreksi 4,01 persen pada pergerakan hari Jumat kemarin. Di satu sisi, koreksi IHSG terlihat terlalu dalam jika dibandingkan dengan koreksi yang terjadi pada bursa emerging market yang lain, sehingga membuka peluang untuk terjadinya teknikal rebound pada hari ini. Disisi lain, posisi penutupan IHSG tersebut signalnya tidak terlalu bagus karena penembusan atas suport di level psikologis 5.300, telah membuka potesi koreksi teknikal hingga kisaran 5.130 – 5.180.

Di pagi hari ini, Bank Indonesia terlihat berusaha keras meredam tekanan yang masih berlangsung pada nilai tukar Rupiah terhadap US$. Sempat melemah hingga level Rp 13.489 untuk setiap US$nya, Posisi USD/IDR saat ini kembali running dibawah level psikologis 13.400. Meskipun demikian, koreksi yang masih berlansung di bursa kawasan Asia, sepertinya masih akan memberikan tekanan pada pergerakan IHSG.

IHSG pada hari indi diperkirakan bergerak turun pada kisaran yang sangat lebar, 5.130 – 5.305. IHSG sedang berada dalam tren turun jangka pendek. Hanya penutupan diatas resisten 5.305 yang bisa mengakhiri tren turun jangka pendek tersebut.

Pasar terlihat tengah bersiap terhadap aksi-aksi yang akan ditunjukkan oleh Donald Trump, sebagai Presiden Terpilih Amerika Serikat, yang akan diangkat nanti pada tanggal 20 Januari 2017. Dengan posisi dari pemodal asing di pasar reguler yang masih cukup tinggi, Rp 19,4 trilyun, pasar modal kita memang terlihat rentan terhadap pergerakan dari emerging market yang belakangan terlihat bereaksi sedikit berlebihan.

Perhatikan suport IHSG di 5.125 karena kalau suport ini ditembus, IHSG bakal memiliki potensi koreksi lanjutan hingga kisaran 4.800 – 4.850.

DISCLAIMER: Informasi yang terkandung dalam laporan ini telah disusun dari sumber-sumber yang menurut kami dapat diandalkan. PT Universal Broker Indonesia dan/atau perusahaan afiliasinya dan/atau masing-masing karyawan dan/atau agen penjual tidak menjamin keakurasian dan kelengkapan informasi. Kami tidak bertanggung jawab atas hasil dari transaksi yang dilakukan dengan berdasarkan atas informasi yang ada pada laporan ini. Semua pendapat, prediksi, perkiraan, dan proyeksi yang ada pada laporan ini adalah merupakan pendapat terbaik yang kami buat, berdasarkan informasi yang kami miliki, pada tanggal laporan ini dibuat, dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu dan tidak mengikat.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.