Klarifikasi JP Morgan: Akankah Mengakhiri #trumpeffect pada #IHSG?*

148

Selamat pagi…

Jadi.. tadi pagi… saya dapet WA yang isinya klarifikasi dari JP Morgan.  Mengapa JP Morgan sampai perlu klarifikasi?

JP Morgan… itu sudah pernah bermasalah dengan Menteri Keuangan sebelumnya.   Ketika itu.. JP Morgan diberikan sanksi karena memberikan pendapat negatif terhadap perekonomian Indonesia.

Nah.. beberapa waktu yang lalu… ternyata ada seorang bloggers di Barron (silakan lihat link tulisannya disini) yang menulis berdasarkan riset yang ditulis oleh JP Morgan.   Saya belum dapet riset JP Morgan tersebut… tapi… karena mungkin sudah ‘kena’ sebelumnya.. JP Morgan tidak mau kena kasus lagi… sehingga mereka perlu untuk membuat ‘penjelasan’.

Bagaimana pengaruhnya?

Hehehe.. Kemarin.. net sell asing kan turun drastis.  Tadi pagi.. posisi asing di pasar reguler memang sempat net buy… meski akhirnya sekarang net sell lagi.  Akan tetapi… fund manager asing yang melepas posisi karena tulisan blog tersebut.. sepertinya mikir juga : eh.. trump factor belum tentu jelek juga. Setidaknya mereka mikir juga: ternyata JP Morgan tidak berpendapat seperti itu.  Itu hanya kelakuan bloggers.

So… IHSG siang hari ini testing resisten 5.165 lagi.  Akankah bisa bertahan? Saya bahas sebentar lagi deh.  Soale… ada juga selain Trump Effect .. sebenarnya ada Efek #demo411 .. ada juga Efek #coalpeak (pertanyaan bahwa apakah harga batubara sudah mencapai puncaknya).   Mana yang dominan?

Happy trading… semoga barokah!!!

Satrio Utomo

*disclaimer ON

 

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.