Oleh-oleh dari ikut Market Outlook Ibu Sri Mulyani @kemenkeu …*

163

Selamat siang…

Tadi pagi… saya ikut Market Outlook yang diselenggarakan oleh Bursa Efek Indonesia… dengan pembicara Ibu Sri Mulyani.

Nggak banyak data yang bisa saya sajikan… orang HP saya begitu acara mulai ternyata baterainya sudah low bat.  Tapi…  saya coba paparkan disini… sedikit apa yang sempat menyentuh otak saya yang sedikit dudul ini.

Temanya.. kurang lebih adalah Optimisme ditengah kehati-hatian.

Pemerintah itu optimis.  Namanya juga Pemerintah.  Hehehe.  Ibu Sri Mulyani mencoba memaparkan bagaimana APBN saat ini, kualitasnya sudah jauh lebih baik.  Angkanya sudah tidak lagi ‘diawang-awang’.  Beliau juga menyampaikan … bahwa untuk tahun 2017.. pertumbuhan dari berbagai hal.. (seperti penerimaan pajak, belanja Pemerintah untuk hal-hal yang produktif) tahun depan bakal lebih baik.  Semua berkat semua program-program yang dilakukan oleh Pemerintah hingga saat ini.

Pertumbuhan ekonomi.. Pemerintah masih keukeuh dengan angka 5,1 persen.  Padahal… beberapa lembaga dunia, termasuk IMF dan Bank Dunia (yang biasanya konservatif) sudah memperkirakan pertumbuhan ekonomi sebesar 5,3 persen.  Orang diluar sono.. lebih bullish dari Pemerintah.

Pemerintah optimis ditengah kehati-hatian.

Setelah itu… Bla-bla-bla tentang Tax amnesti.

Sudah?

Hm…

Ada juga statement tentang bahwa Jokowi itu adalah orang baik… berkemauan dan bertekat sangat keras untuk bangsanya… Ibu Sri Mulyani merasa sakit hati kalau adan pihak-pihak yang demikian mudahnya untuk mendiskreditkan atau memandang negatif langkah-langkah yang sudah dilakukan Jokowi.. dst… dst.

Sudah?

Hm…

Bu… kalau saya boleh ngomong… kalau saya boleh komentar…

Jokowi itu memang niatnya baik.  Tujuannya baik.  Tanpa pamrih. Kerja keras.  Luarbiasa keras.  Untuk nusa dan bangsanya.

Tapi jangan lupa: pembangunan itu juga perlu stabilitas.  Jokowi itu berasal dari PDIP.  Partai yang berisik … dan suka banget mengganggu ketenangan bangsa.  Pembisik-pembisik di sekitar Jokowi itu bu… belakangan terlihat mulai semakin ngaco.  Pembantu-pembantu Jokowi (bukan termasuk Ibu ya…)… mulutnya itu kadang suka multi arti sehingga gampang bikin keributan.  Belum lagi… belakangan Jokowi terlihat getol berantem dengan SBY.   Jokowi suka gangguin SBY… SBY suka gangguin kepentingan konco-konco Jokowi (baca PDIP).  Lengkap.

Marketnya… jadi takut.  Investor asing.. juga takut.

So.. kalau menurut saya.. sudah bu.. terima saja.  Saya tahu Ibu sudah berusaha yang terbaik.. semaksimal mungkin.   Tapi Ibu juga sebaiknya sadar: banyak orang-orang dengan kecerdasan terbatas di Pemerintahan.. di sekitar Jokowi … yang siap menjegal langkah Jokowi dan langkah Ibu.. dengan atau tanpa mereka sadari.

Terima saja Bu.. jangan sampai Ibu mundur.

Saya hanya bisa mendukung dari jauh.

Happy trading… semoga barokah!!!

Satrio Utomo

 

 

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.