Menanti Berakhirnya Trend Turun, Menanti Rally Akhir Tahun…*

19

Selamat Pagi dari PT. Universal Broker Indonesia, 16 Desember 2016

Selamat pagi…

Langkah The Fed untuk menaikkan suku bunga lebih cepat di tahun 2017, ternyata tidak membuat pelaku pasar di bursa New York ketakutan. Indeks Dow Jones Industrial (DJI) semalam kembali bergerak naik 59,71 poin (+0,30 persen) sehingga ditutup pada level 19.852,24. Indeks dari bursa di kawasan Asia pagi hari ini cenderung bergerak bervariasi sebagai respon, dengan indeks Hang Seng terkoreksi tipis kurang dari 0,1 persen, sedangkan Strait Times naik tipis 0,2 persen.

Di sisi lain, langkah dari Bank Indonesia kemarin mempertahankan tingkat suku bunga acuan pada level 4.75 persen, sepertinya masih tetap akan direspon pelaku pasar secara hati-hati. Ini bisa dilihat dari posisi nilai tukar Rupiah terhadap US$ yang pagi hari ini masih melemah tipis sebesar 0,22 persen.

Ditengah sentiment yang masih minim ini, IHSG diperkirakan bakal bergerak flat naik pada kisaran 5.200 – 5.270. IHSG saat ini sedang berada dalam trend turun jangka pendek dengan potensi koreksi hingga level psikologis 5.200. Hanya penutupan diatas resisten 5.270 yang akan mengakhiri trend turun tersebut.

Setelah kenaikan suku bunga The Fed, trend jangka pendek IHSG memang berubah menjadi trend turun. Pelaku pasar di Bursa Efek Indonesia sepertinya masih terus menanti munculnya signal positif yang merupakan tanda dari dimulainya aksi window dressing hingga akhir tahun. Sejauh ini, Signal-signal positif sebenarnya sudah mulai muncul pada saham-saham sektor konstruksi. Harga batubara yang mulai mencoba untuk bergerak naik, juga membuat saham-saham sektor pertambangan cenderung untuk bertahan. Pemodal sebaiknya tetap berhati-hati dalam melakukan positioning, sambil menunggu situasi menjadi lebih kondusif.

Kami masih memberikan rekomendasi Buy On Weakness untuk saham-saham sektor produsen batubara dan saham-saham sektor konstruksi.

DISCLAIMER: Informasi yang terkandung dalam laporan ini telah disusun dari sumber-sumber yang menurut kami dapat diandalkan. PT Universal Broker Indonesia dan/atau perusahaan afiliasinya dan/atau masing-masing karyawan dan/atau agenpenjual tidak menjamin keakurasian dan kelengkapan informasi. Kami tidak bertanggung jawab atas hasil dari transaksi yang dilakukan dengan berdasarkan atas informasi yang ada pada laporan ini. Semua pendapat, prediksi, perkiraan, dan proyeksi yang ada pada laporan ini adalah merupakan pendapat terbaik yang kami buat, berdasarkan informasi yang kami miliki, pada tanggal laporan ini dibuat, dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu dan tidak mengikat.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.