10.25*

0 10

Selamat pagi…

Dubes Turki ditembak di Turki.  Apakah market dunia kemudian akan bereaksi terhadap perang yang sedang berlangsung di Suriah sana? Sejauh ini sih… market Asia masih mixed.  Dow Futs juga naik tipis.  Sepertinya masalah tersebut tidak berbuntut panjang… karena Rusia sendiri, sudah bikin statement bahwa masalah itu tidak akan mengganggu pembicaraan yang sedang berlangsung antara Rusia, Iran, dan Turki.

IHSG juga cuman flat.  Setelah kemarin suport di 5.200 tercapai… IHSG masih terus bergerak turun.  Tapi.. turunnya juga gak besar-besar amat karena net sell asing untuk hari ini.. terlihat relatif ringan.  Hingga jam 10.18 .. net sell asing di pasar reguler cuman sebesar Rp 112 M.  Dibandingkan kemarin dimana net sell asing sebesar Rp 289,10M .. .sepertinya hari ini net sell asing di reguler memang ada sedikit peningkatan.  Tapi.. karena jumlah akhirnya sepertinya tetap dibawah Rp 400M … tekanan jual asing tersebut sepertinya masih dalam batasan ‘aman terkendali’.

So… Suport IHSG di 5200.  Jika suport itu ditembus… suport penting IHSG tinggal di 5091.  Kalau suport 5091 itu ditembus… baru potensi 4.800 IHSG terbuka.  Tapi… selama 5.091 masih bertahan… saya masih cenderung BOW.  BOW apa? saya masih tetap setia dengan batubara dan konstruksi.  Untuk nickel.. saya masih nunggu trend turun harga komoditasnya berakhir.  Tapi setidaknya… saya masih bullish untuk batubara dan konstruksi.. tinggal nunggu saja.. dimana trend turun kali ini berakhir.

Hari ini saya akan ujian ASPM.  Semoga Alloh SWT memberikan kemudahan.  Kalau hari ini tidak lulus.. semoga Alloh SWT memberikan kelulusan sebelum akhir tahun.

Happy trading… semoga barokah!!!

Satrio Utomo

*disclaimer ON

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.