Half Time Report : Mau Window Dressing enggak ya???

38

Selamat siang…

Tahun 2016 … tinggal menghitung hari.  Sebentar lagi sudah tahun 2017.

Di akhir tahun seperti ini.. yang diomong orang biasanya : adakah window dressing akhir tahun? Adakah Santa Claus Rally?

Kalau melihat Dow Jones Industrialnya … sepertinya iya.  Dow yang tinggal beberapa poin dari level psikologis 20.000 itu… sebentar lagi juga 20.000.  Nanti malam juga mungkin 20.000.  Apakah ada euphoria lanjutan? DJI ada resisten di 20100-20200 siy.  Jadi kalau setelah itu mereka reversal… ah.. itu dipikir nanti saja.

Yang penting begini : ini… IHSGnya.. bisa naik enggak? Bukannya malah bagus.. IHSG malah sudah seminggu bikin trend turun.  Penguatan US$ membuat pemodal keluar dari market Asia.  Masih bagus yang namanya Bank Indonesia mau menjaga Rupiah.  Mata uang lain dibiarkan jatuh.  Itu sebabnya bursa di kawasan Asianya cenderung stagnan.  Kitanya ikutan turun.

Hari ini … terlihat ada sedikit harapan.  Mungkin karena Dow mau tembus 20.000 ye… net sell asing di pasar reguler berkurang.  Tadi pagi asing malah sempat net buy.   TLKM dan ASII juga sudah lewat R1.  Ini ada ADHI, WSKT, UNTR semua sedang resisten testing.

Saya tertarik dengan harga batubara.  Harga batubara Newcastle yang active month (kontrak Januari) semalam naik jadi US$87,45.  Kalau melihat chartnya sih.. masih ada potensi rebound sampai US$94 – US$97.  Sepertinya… kalau ada rally akhir tahun… saham-saham batubara berpotensi untuk ikutan rally.

Masalahnya ada di IHSG yang sampai saat ini masih trend turun.  Trend turun yang suportnya tinggal 5.091, setelah suport kuat terakhir kemarin di 5.200 ditembus.  Kalau 5.091 ditembus.. berarti IHSG bisa terus turun sampai 4.800 – 4.850.  Apa iya IHSG mau turun sampai kesitu?  Apa iya kita mau jelek sampai pertengahan Januari tanpa perlawanan sedikitpun?

Pertanyaan saya kan gini : kalau nanti malam Dow naik tembus 20.000 … masa sih gak ada tarikan positifnya?

So… saya tegang lihatin Hang Seng.  Kalau Hang Seng bisa close diatas resisten… hari ni saya mau coba bottom fishing.

Jam 15.00 kan tinggal sebentar lagi.  Kita lihat nanti sore deh…

Happy trading… semoga barokah!!!

Satrio Utomo

*disclaimer ON

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.